Sukses

Ridwan Kamil Pamer Kedekatan dengan Prabowo di Debat Perdana Pilkada Jakarta 2024

Calon Gubernur (cagub) Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil alias RK, pamer kedekatan dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto. Dia mengaku punya hubungan baik dengan Prabowo Subianto.

Liputan6.com, Jakarta Calon Gubernur (cagub) Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil alias RK, pamer kedekatan dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto. Dia mengaku punya hubungan baik dengan Prabowo Subianto.

Hal itu disampaikan Ridwan Kamil dalam closing statement atau pernyataan penutupnya pada debat perdana cagub-cawagub Jakarta di JiExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu malam (6/10/2024).

"Bapak Ibu yang saya hormati, kalau kami terpilih, salah satu kelebihannya insyaallah hubungan kami dengan Presiden terpilih akan sangat baik," kata Ridwan Kamil.

Menurut cagub yang didukung Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus itu, kedekatan dengan Prabowo sebagai presiden terpilih bakal menjadi keuntungan tersendiri jika ia menjabat gubernur Jakarta pada Pilkada Jakarta 2024. Dia menjamin, program untuk kesejahteraan warga Jakarta bakal mengalir lancar.

"Logikanya gimana Pak Ridwan? Karena hubungan baik, dana transfer dari pemerintah pusat akan berlipat-lipat, sehingga program Jakarta, kartu-kartuan dan semuanya akan lebih banyak dan lebih sejahtera," ungkap RK.

Meski begitu, mantan gubernur Jawa Barat ini menyadari siapa yang akan menjadi pemimpin Jakarta sudah ada garis tangannya. Dia mengaku legowo menerima siapa pun pasangan calon yang nantinya menang di kontestasi pemilihan gubernur (pilgub) Jakarta 2024.

"Kita akan dukung, kalau itu Pak Dharma jika takdirnya ada, atau Mas Pram jika takdirnya ada," ujar mantan wali kota Bandung.

Baca juga Ridwan Kamil Paparkan Visi Misi dalam Debat Perdana Pilkada 2024, soal Gen Z hingga Budaya Betawi

2 dari 2 halaman

Ridwan Kamil Janji Beri Dana hingga Gratiskan Minum Kopi untuk Gen Z yang Kena PHK

Dalam debat perdana, Ridwan Kamil menawarkan sejumlah program kepada Generasi Z atau Gen Z yang belakangan marak kena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di Jakarta. Salah satunya, memberikan dana kekuatan sosial selama 3 bulan.

"Secara teknis kalau mereka kena PHK, pasangan RIDO akan bikin program memberikan dana kekuatan sosial selama 3 bulan sebelum mereka bisa melamar kerja lagi," kata RK dalam debat perdana cagub-cawagub Jakarta di JiExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (6/10/2024).

Menurut RK, besaran angkanya bakal dihitung sesuai dengan kebutuhan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta. "Itulah negara hadir kepada adik-adik Gen Z di rumah kena PHK," ujar dia.

Tak hanya itu, dia sepakat dengan gagasan work from anywhere. Hanya saja, ia dan calon wakil gubernur (cawagub) Suswono berencana untuk memperbanyak co-working bagi Gen Z hingga menggratiskan kopi.

"Bedanya Insyaallah pasangan RIDO akan memperbanyak co working-co working yang gratis buat Gen Z di Jakarta termasuk minum kopinya, karena Gen Z ini konsumsi kopinya besar sekali dan mahal. Nanti kita kasih gratis kopinya," jelas RK.

Lebih jauh, Ridwan Kamil mengajak Gen Z untuk fokus mengembangkan ekonomi baru di Jakarta. Khususnya, kata dia, ekonomi digital yang tidak mengharuskan bekerja dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

"Mari fokus kekuatan ekonomi baru yaitu ekonomi digital, ekonomi kreatif yang akan berbeda dengan ekonomi orang tuanya yang sifatnya 9 to 5, bisa di mana saja, kapan saja, gitu dari pasangan RIDO," ucapnya.