Sukses

Ridwan Kamil Bakal Bentuk Tim Siber untuk Berantas Pungli-Premanisme di Jakarta

RK menyampaikan, tim siber tersebut akan berkolaborasi dengan kepolisian. Sehingga, kata dia praktik pungli dan premanisme yang membandel dapat ditertibkan secara efektif.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur (Cagub) Jakarta Nomor Urut 1 Ridwan Kamil (RK), mengatakan akan membentuk tim siber untuk memberantas praktik pungli hingga premanisme di Jakarta. Dia bilang, program itu sebelumnya pernah dijalankan di Jawa Barat.

"Iya dulu saya membereskan selama 5 tahun 40 ribuan kasus pungli. Dengan apa? Ada tim siber pungli," kata RK di Komplek Perumahan Tomang City Garden, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis (10/10/2024).

"Tim siber pungli ini dihadirkan, dihidupkan, kalau sudah ada kita maksimalkan," sambungnya.

RK menyampaikan, tim siber tersebut akan berkolaborasi dengan kepolisian. Sehingga, kata dia praktik pungli dan premanisme yang membandel dapat ditertibkan secara efektif.

"Kolaborasi antara kepolisian. Kolaborasi antara kejaksaan dan juga pemerintahan provinsi. Nah, sehingga premanisme dan pungli-pungli kita bereskan," kata dia.

Lebih jauh, lanjut RK pihaknya akan bekerja sesuai dengan laporan dan aduan awal yang disampaikan warga. Aduan dan aduan itu, dipastikan menjadi sumber awal pemberantasan pungli dan premanisme.

"Tentu dengan laporan warga yang responsif melalui digital sebagai sumber awal akan kita respons kan," ujar dia.

2 dari 3 halaman

Ridwan Kamil Ikut Pemeriksaan Kesehatan Gratis Bareng Warga di Jakbar

Calon Gubernur (Cagub) Jakarta Nomor Urut 1 Ridwan Kamil (RK), menyapa warga yang melakukan pemeriksaan kesehatan gratis di Komplek Perumahan Tomang City Garden, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis (10/10/2024).

Pantauan Liputan6.com, RK ditemani Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi Partai Gerindra, Yudha Permana. Di sana, dia juga mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis, meliputi pemeriksaan tensi hingga gula darah.

Hasilnya, didapati tensi RK normal di kisaran 112/70. Begitu pula dengan hasil pemeriksaan gula darah RK yang menunjukkan hasil yang normal.

"Wah hasilnya normal ya untuk Pak Ridwan Kamil, tensinya 112/70," kata salah seorang petugas pemeriksa kesehatan.

Usai melakukan pemeriksaan kesehatan gratis bersama warga, RK berbincang bersama warga. Pada kesempatan itu, dia memperkenalkan diri sebagai pasangan nomor urut 1.

"Kita perkenalan dulu ya buk, nama saya Muhammad Ridwan Kamil. Ridwan itu artinya diridhoi, Kamil itu malaikat penjaga surga. Jadi artinya diridhai supaya masuk surga. Amin," kata RK.

"Nama pasangannya RIDO, Ridwan-Suswono karena wakil saya namanya Pak Suswono. Nomor urut berapa, 1 nanti coblos yang ada Monas-nya," sambung dia.

3 dari 3 halaman

Hadirkan Banyak Program Gratis

Di hadapan warga, Mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) itu menyebut, ingin menjadikan Jakarta sebagai kota yang sehat.

Dia berjanji, menghadirkan banyak program gratis bagi warga ibu kota jika menjadi gubernur Jakarta terpilih 2024.

"Jadi ibu-ibu sebentar lagi insyaallah, bulan depan kita pemilu terakhir enggak ada pemilu lagi. 5 tahun kita kerja, kerja, kerja kita bikin Jakarta makin adem, makin sehat, makin banyak gratisnya setuju," ucap dia.

Video Terkini