Sukses

Paslon Ini Janjikan PBB Gratis Bagi Warga yang Kurang Mampu di Tangerang

Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tangerang Moch Maesyal Rasyid-Intan Nurul Hikmah menjanjikan pembebasan pajak bumi dan bangunan (PBB) bagi rumah tinggal masyarakat miskin.

Liputan6.com, Jakarta Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tangerang Moch Maesyal Rasyid-Intan Nurul Hikmah menjanjikan pembebasan pajak bumi dan bangunan (PBB) bagi rumah tinggal masyarakat miskin.

Hal tersebut, masuk ke dalam program sosial peningkatan ekonomi kerakyatan dan daerah yang diberi nama PROSPEK.

Maesyal Rasyid mengatakan, untuk menciptakan Kabupaten Tangerang semakin gemilang pihaknya memiliki gagasan yang bernama program sosial peningkatan ekonomi kerakyatan dan daerah, atau disingkat menjadi Prospek.

Di dalam program tersebut, terdapat poin di mana ke depan apabila dirinya bersama Intan Nurul Hikmah menang di Pilkada Tangerang 2024 ini, maka akan diberlakukan pembebasan pajak bumi dan bangunan (PBB) bagi rumah tinggal masyarakat kategori tidak mampu atau miskin.

"Selain pembebasan PBB, kita juga akan tingkatkan insentif RT dan RW di seluruh Kabupaten Tangerang," katanya, Jumat (11/10/2024).

Pembebasan PBB itu akan langsung dilakukan dalam 100 hari kerja, ketika Maesyal-Intan menjabat jadi Bupati dan Wakil Bupati Tangerang. Dengan dilakukan pendataan terhadap masyarakat yang dinyatakan kurang mampu, dan dilihat berdasarkan NJOP wilayah tersebut.

"Jadi nanti kita lihat datanya terlebih dahulu, di Dinas Sosial. Mana saja yang layak dibebaskan pajak dan mana saja yang wajib pajak," katanya.

 

2 dari 3 halaman

Beri Subsidi

Menurut Maesyal, pembebasan PBB terhadap masyarakat miskin ini, sama saja halnya Pemerintah Daerah memberikan subsidi pajak terhadap masyarakat.

Sehingga, peningkatan PAD pun sangat diperlukan untuk melakukan subsidi pajak atau pembebasan pajak terhadap masyarakat miskin.

Pasalnya, ketika pendapatan daerah tinggi, maka akan lebih mudah untuk menjalankan program-program yang telah direncanakan. Salah satunya, pembebasan pajak dan peningkatan insentif RT/RW di Kabupaten Tangerang.

"Kita pastikan, kedepan juga pendapatan daerah akan kita tingkatkan, karena potensi pendapatan daerah di Kabupaten Tangerang cukup tinggi," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Program Bansos

Sementara itu, Calon Wakil Bupati Tangerang, Intan Nurul Hikmah menambahkan, dalam Prospek juga terdapat program bantuan sosial tunai untuk masyarakat yang dikategorikan kurang mampu atau miskin.

Nantinya, bantuan tersebut rencananya akan diberikan setiap bulan.

"Kita siapkan bantuan sosial tunai, untuk 5.000 KK kategori kurang mampu atau miskin di Kabupaten Tangerang," katanya.