Sukses

Alasan Partai Buruh Dukung RIDO di Pilkada Jakarta: Berani Tolak Omnibus Law

Selain suara buruh, Said juga menyampaikan mayoritas serikat buruh di Jakarta juga menyuarakan hal senada untuk mendukung RIDO di Pilkada 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Partai Buruh Said Iqbal menyatakan, partainya mendukung pasangan Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) di Pilkada Jakarta 2024. Alasannya, karena mayoritas buruh di Jakarta memilih pasangan nomor urut satu itu.

"87,5 persen buruh Jakarta tidak hanya anggota Partai Buruh, tetapi buruh Jakarta, 87,5 persen memilih Ridwan Kamil. Mereka menyampaikan aspirasi untuk partai buruh menentukan dukungan kepada bapak ridwan kamil dan Bapak Suswono," kata Said Iqbal dari keterangan tertulis, Sabtu (12/10/2024).

Selain suara buruh, Said juga menyampaikan mayoritas serikat buruh di Jakarta juga menyuarakan hal senada untuk mendukung RIDO di Pilkada 2024.

"Nah 95 persen serikat buruh yang ada di Jakarta menyalurkan aspirasi kepada Partai Buruh untuk memastikan mendukung Ridwan Kamil Suswono nomor urut 1," terang Said.

Atas dasar itu, kata Said, Partai Buruh memberikan dukungan resmi kepada RIDO.

"Dengan dasar pertimbangan itu kemudian Partai Buruh rapat dan memutuskan mendukung Ridwan Kamil," jelas Said.

2 dari 3 halaman

Peduli Isu Buruh

Said meyakini, pasangan RIDO paling peduli dengan isu buruh, terutama setelah sejumlah peristiwa yang menunjukan Ridwan Kamil (RK) berpihak pada buruh.

Pertama, saat ada kebuntuan tentang upah minimum Omnibus Law. Saat itu, Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat saat itu, mengeluarkan keputusan dengan tetap mempertimbangkan dunia usaha, yaitu namanya upah minimum di atas 1 tahun.

"Karena beliau melihat ada ketidakadilan, nah ini kuncinya, ada ketidakadilan, kok orang yang kerja 20-30 tahun sama yang dengan masa kerja 1 tahun ke bawah? Keberpihakan itulah menjadi catatan penting," imbuhnya.

3 dari 3 halaman

Temui Pengunjuk Rasa

Peristiwa kedua, lanjut Said, RK juga bersedia turun menemui pengunjuk rasa yang menuntut Omnibus Law Cipta Kerja beberapa tahun lalu.

"Buruh melihat Pak Ridwan Kamil didampingi Pangdam dan Kapolda Jawa Barat saat itu, naik ke atas mobil komando, menenangkan massa yang sudah tumpah ruah di depan Gedung Sate sampai Jalan Diponegoro. Beliau hanya mengatakan bersama buruh dan rakyat akan menyalurkan aspirasi penolakan Omnibus Law," Said menandasi.

Sebagai informasi, dukungan kepada pasangan RIDO secara resmi sudah disampaikan Partai Buruh di Gedung KNPI, Jakarta Timur pada Jumat 11 Oktober 2024.

Video Terkini