Sukses

Survei Jelang Pilkada NTT 2024: Melki-Johni, Fransiskus-Jane, Simon Petrus-Adrianus Garu Siapa Unggul?

Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) merilis hasil survei terbaru mengenai peta kekuatan elektoral tiga paslon gubernur dan wakil gubernur untuk Pilkada NTT 2024, yaitu Fransiskus Lema-Jane Natalia Suryanto, Melki Laka Lena-Johni Asadoma, dan Simon Petrus Kamlasi-Adrianus Garu.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) merilis hasil survei terbaru mengenai peta kekuatan elektoral tiga pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur untuk Pilkada Nusa Tenggara Timur (Pilkada NTT 2024).

Survei ini dilakukan dengan tujuan memberikan gambaran terkini terkait dinamika dukungan masyarakat terhadap calon-calon pemimpin daerah di NTT.

"Hasil survei yang dilakukan melalui simulasi pertanyaan terbuka secara langsung kepada responden menunjukkan bahwa jika Pilkada NTT dilaksanakan hari ini, pasangan nomor urut 2, Melki Laka Lena-Johni Asadoma memperoleh suara sebesar 38,7%," ujar Ditektur Eksekutif LKPI Togu Lubis dalam keterangan tertulis, Sabtu (12/10/2024).

Lebih lanjut, dia menyatakan, di posisi kedua, pasangan nomor urut 1, Fransiskus Lema-Jane Natalia Suryanto dipilih oleh 31,6% responden, pasangan nomor urut 3, Simon Petrus Kamlasi-Adrianus Garu hanya memperoleh 16,1%, dan sebanyak 13,6% responden tidak tahu atau tidak memberikan jawaban.

"Selanjutnya, dalam simulasi dengan pertanyaan tertutup menggunakan kuisioner, responden diminta memilih salah satu dari ketiga pasangan calon dengan pertanyaan, 'Jika Pilkada NTT digelar hari ini, siapa yang akan Anda pilih di antara pasangan nomor urut 1 Fransiskus Lema-Jane Natalia Suryanto; pasangan nomor urut 2 Melki Laka Lena-Johni Asadoma atau pasangan nomor urut 3 Simon Petrus Kamlasi-Adrianus Garu?," papar Togu.

Hasil tabulasi menunjukkan, lanjut dia, paslon nomor urut 2 Melki Laka Lena-Johni Asadoma, memperoleh dukungan 42,7%, sementara pasangan nomor urut 1 Fransiskus Lema-Jane Natalia Suryanto, dipilih oleh 32,3% responden. Kemudian, pasangan nomor urut 3 Simon Petrus Kamlasi-Adrianus Garu meraih 17,6%, dan 7,4% responden tidak memberikan jawaban.

Survei ini, lanjut Togu, juga mengevaluasi tingkat kemantapan pilihan responden terhadap ketiga pasangan calon hingga hari pencoblosan.

Hasil survei menunjukkan bahwa 89,4% responden yang memilih pasangan Melki Laka Lena-Johni Asadoma merasa mantap dengan pilihannya. sementara 10,6% belum mantap.

"Untuk pasangan Fransiskus Lema-Jane Natalia Suryanto, 77,3% responden merasa mantap, sementara 22,7% masih belum mantap," kata Togu.

 

2 dari 3 halaman

Hasil Survei Lainnya

Togu menjabarkan, paslon Simon Petrus Kamlasi-Adrianus Garu memperoleh angka kemantapan tertinggi, yakni 87,2%, dengan 12,8% responden yang masih merasa ragu.

Selain itu, lanjut dia, survei ini juga mengukur penilaian responden terhadap integritas, kompetensi, dan komitmen masing-masing pasangan calon dalam mewujudkan gagasan pembangunan untuk NTT.

Hasil survei, kata Togu, menunjukkan bahwa sebanyak 82,7% responden menilai pasangan Melki Laka Lena - Johni Asadoma memiliki integritas, kompetensi, dan komitmen yang baik.

"Sementara itu, pasangan Fransiskus Lema - Jane Natalia Suryanto dinilai oleh 60,7% responden sebagai pasangan yang memiliki atribut tersebut, dan pasangan Simon Petrus Kamlasi - Adrianus Garu dinilai oleh 64,7% responden," ucap dia.

Togu mengatakan, survei ini juga mengidentifikasi isu-isu utama yang menjadi harapan masyarakat terkait pemerintahan yang akan datang. Berdasarkan temuan survei, penyediaan lapangan pekerjaan menjadi isu yang paling penting bagi masyarakat.

"Tercatat sebanyak 25,4% responden menganggap ini sebagai prioritas utama," ucap dia.

Isu kedua yang dianggap penting adalah jaminan kesehatan dan kesejahteraan rakyat dengan 24,2%, diikuti oleh harga bahan pokok yang terjangkau sebanyak 20,9%. Selain itu, 15,3% responden menginginkan biaya pendidikan yang terjangkau dan akses transportasi publik.

"Sedangkan 14,2% responden berharap ada penyediaan pupuk subsidi yang merata dan ketersediaan BBM subsidi bagi nelayan," kata Togu.

 

3 dari 3 halaman

Survei Dilakukan

Togu menjelaskan, survei ini dilakukan pada periode 1 hingga 10 Oktober 2024, dengan melibatkan 1.580 responden yang memiliki hak pilih di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Margin of error atau toleransi kesalahan survei ini adalah ±2,46% dengan tingkat kepercayaan 95%.

"Sampel responden diambil secara acak dari seluruh kabupaten dan kota di Nusa Tenggara Timur, dan diwawancarai secara tatap muka," ucapnya.

Sementara itu, Pengamat Politik dan Intelijen Universitas Indonesia Muhammad Sutisna menilai dari hasil survei ini terlihat adanya Fenomena Prabowo Effect terhadap melejitnya Elektabilitas Paslon nomor urut 2 Melki Laka Lena dan Johni Asadoma.

"Mengingat pada Pilpres lalu Pasangan Prabowo Gibran menang telak di NTT secara tidak langsung berdampak pada tingginya elektabilitas Melki Laka Lena," ujar Sutisna.

Menurutnya, pengaruh tinggi elektabilitas pasangan Melki-Johni menunjukan bahwa pemilih parpol dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) mayoritas memberikan pilihan pada Melki-Johni .

Ditambah lagi, sambung Sutisna, Melki Laka Lena juga sudah dikenal publik sebagai sosok muda dari NTT di tingkat nasional karena kiprahnya sebagai anggota DPR RI yang berjuang untuk kemajuan NTT lewat legislatif.

"Kemudian effect Popularitas dari mantan Kapolda NTT Johni Asadoma juga punya pengaruh besar terhadap tingkat elektabilitas Melki-Johni. Selain itu juga menunjukan kalau pemilih partai pengusung Melki -Johni ini mayoritas memberikan pilihan pada Melki-Johni," tandas Sutisna.