Sukses

Ridwan Kamil Bakal Sulap Kepulauan Seribu Jadi Destinasi Wisata Global ala Universal Studio

Ridwan Kamil ingin menjadikan Kepulauan Seribu sebagai destinasi wisata global seperti Disneyland atau Universal Studio. Hal itu untuk meningkatkan kunjungan wisata ke kepulauan yang ada di Jakarta tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur (Cagub) Jakarta Nomor Urut 1 Ridwan Kamil (RK) mengatakan, pihaknya ingin menjadikan Kepulauan Seribu sebagai destinasi wisata global seperti Disneyland atau Universal Studio. Hal itu, kata RK, guna meningkatkan kunjungan wisata ke Kepulauan Seribu.

"Kepulauan Seribu itu sedang kita dorong untuk menjadi spesial. Beberapa pulau itu kita akan jadikan destinasi wisata global, ala-ala Disneyland, ala-ala Universal Studio itu nanti ada di sana," kata RK di SCBD, Jakarta Selatan, Minggu (13/10/2024).

RK juga mendorong, dibangun terminal transportasi publik yang berkualitas untuk menuju ke Kepulauan Seribu. Menurutnya, terminal itu akan bisa menjadi ikon Kepulauan Seribu.

"Kebayang enggak, kita naik MRT berhenti di Ancol, naik ke atas terminal Kepulauan Seribu," ucap dia.

Nantinya, kata dia, di Kepulauan Seribu akan dirancang resort seperti Maldive. "Kedua destinasi yang sifatnya bayar tiket, ala-ala Disneyland ala-ala itu," tutur Ridwan Kamil.

Mantan Gubernur Jawa Barat ini menilai, wisata di Kepulauan Seribu selama ini kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah. Dia memandang, diperlukan promosi masif oleh pemerintah terkait destinasi wisata Kepulauan Seribu.

Terlebih, kata Ridwan Kamil, ke depan status Jakarta sebagai ibu kota negara akan berpindah ke IKN, Kalimantan Timur. Sehingga, Jakarta harus bersiap menjadi kota bisnis.

2 dari 3 halaman

Atasi Kemacetan dengan Ide Riverway

Dalam kesempatan laim, Calon Gubernur (Cagub) Nomor Urut 1 Ridwan Kamil (RK), mengatakan punya inovasi untuk membangun riverway atau perahu yang dapat melintasi sungai-sungai di Jakarta. Hal tersebut guna mengatasi kemacetan di Jakarta.

Hal ini disampaikan RK dalam debat perdana cagub-cawagub Pilkada Jakarta di JiExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu malam (6/10/2024).

"Mengatasi macet ada dua ideologi, ideologi memfasilitasi pergerakan MRT, LRT, Transjakarta, Busway dan lain sebagainya. Kita mungkin akan berinovasi membuat riverway atau perahu melintasi 13 sungai di Jakarta," kata RK.

 

3 dari 3 halaman

Jurus RK Kurangi Pergerakan Warga di Jakarta

Selain inovasi riverway, RK menyebut juga berencana melakukan perluasan flyover yang ada di Jakarta. Tak hanya itu, RK juga ingin membangun pusat perekonomian di wilayah lain Jakarta selain Jakarta Pusat.

"Sehingga orang Selatan tinggalnya di Selatan tidak usah ke Pusat. Tinggal di Selatan kerja di Selatan, nge-mal di Selatan. Orang di Barat tinggal di Barat kerja di Barat," ucap dia.

Lebih jauh, RK menyampaikan cara itu dimaksudkan mengurangi pergerakan warga ke satu wilayah administrasi Jakarta.

Dia berpandangan bahwa cara semacam itu bakal efektif mengurangi kemacetan. Pasalnya, ujar dia, kemacetan di Jakarta disebabkan oleh pergerakan warga yang berkegiatan satu arah menuju pusat Jakarta.   

Video Terkini