Sukses

FBR Dukung Pramono-Rano di Pilkada Jakarta, Suswono: Banyak Juga yang Dukung RIDO

Suswono mengeklaim banyak tokoh-tokoh Betawi lain di Jakarta yang menerima paslon RIDO. Ia menyatakan, RIDO memiliki gagasan jelas terkait pelestarian budaya Betawi.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jakarta nomor urut 1, Suswono menanggapi soal dukungan yang diberikan Forum Betawi Rempug (FBR) kepada Cagub-Cawagub nomor urut 3 Pramono Anung dan Rano Karno. Suswono tak mempersoalkan hal tersebut.

"Ya apa namanya, forum-forum Betawi itu kan banyak ya ndak apa-apa kalau memang ada Forum Betawi Rempug mau ke sana (dukung Pram-Rano)," kata Suswono di kepada wartawan di kawasan Jakarta Pusat, Senin (14/10/2024).

Menurut dia, sebagian anggota FBR juga didapati mendukung Pasangan Calon (Paslon) Cagub-Cawagub Ridwan Kamil dan Suswono. Meski begitu, dia berujar FBR punya hak untuk memberikan dukungan kepada paslon manapun yang diinginkan.

"Nyatanya ada juga anggota forum Betawi Rempug yang lain juga merapat ke kita juga ke RIDO juga. Ya itu kan hak dia, seseorang untuk menyatakan jadi ndak apa-apa itu biasa. Forum Betawi itu ternyata banyak," jelas dia.

Tak hanya itu, dia mengeklaim banyak tokoh-tokoh Betawi lain di Jakarta yang menerima paslon RIDO. Ia menyatakan, RIDO memiliki gagasan jelas terkait pelestarian budaya Betawi.

"Banyak kok para tokoh Betawi yang sudah kita datangi mereka sangat apresiatif  ke pasangan RIDO. Yang jelas kami ingin bagaimana membentuk kelembagaan budaya Betawi ini menjadi suatu prioritas," ucap dia.

Pelestarian itu, kata dia, akan dilakukan dalam bentuk memberikan dukungan semisal, menghelat berbagai festival-festival budaya Betawi di Jakarta. Pasalnya, dia memandang simbol Betawi di Jakarta berangsur hilang.

"Karena sekarang Jakarta sebagai ya basisnya artinya akar rumputnya Betawi tapi kan simbol-simbol ke-Betawiannya boleh dikata kan ndak nampak gitu kan. Makanya dengan gerakan membangun budaya Betawi agar ada ciri-ciri khas sebagai budaya Betawi itu muncul," kata Suswono.

2 dari 3 halaman

Suswono Diminta Amanah Jika Jadi Wagub Jakarta

Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jakarta nomor urut 1, Suswono bertandang ke Bens Radio di Jalan Tarumanegara, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Senin (14/10/2024). Di sana ia disambut Putra Benyamin Sueb, Beni Pandawa.

Pada kesempatan tersebut, Suswono berkeliling ke sejumlah bangunan yang berada di sekitar kompleks Bens Radio. Dia melihat sejumlah warisan budaya milik Benyamin Sueb yang ada di sana.

Putra Benyamin Sueb, Beni Pandawa mengucapkan terima kasih atas kedatangan Suswono ke Bens Radio. Beni menitip pesan agar pasangan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih pada Pilkada Jakarta 2024 bakal memimpin dengan amanah.

"Ya Alhamdulillah Pak Sus terima kasih kedatangannya. Tapi harapan kami semua untuk semua paslon, kalau memang rezeki dan jodohnya jadi pemimpin, jadilah pemimpin yang bisa diteladani, itu aja. Karena kami pasti mendoakan dan men-support lah semua," kata Beni.

Sementara itu, Suswono mengapresiasi karya-karya Benyamin Sueb yang fokus memperhatikan Budaya Betawi di Jakarta. Menurutnya kehadiran Bens Radio menjadi salah satu upaya melestarikan peninggalan Benyamin Sueb.

"Ini salah satu media (Bens Radio) dalam rangka melestarikan budaya Betawi bahwa kita tahu budaya ini adalah warisan leluhur, yang sangat penuh dengan makna. Jadi tentu memang sangat bagus kalau ada yang melestarikan," jelas Suswono.

3 dari 3 halaman

Infografis

Video Terkini