Sukses

Ridwan Kamil Bakal Sulap Aset Pemprov Jakarta yang Nganggur Jadi Ruang Kreatif

RK menyebut, pegiat kreatif juga sangat membutuhkan dukungan pemerintah untuk menghadirkan ruang kreasi dan ekspresi.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur (Cagub) Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil (RK) mengatakan banyak lahan milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang tidak dimanfaatkan dengan maksimal. Dia bakal menyulap lahan-lahan itu menjadi ruang kreatif.

Hal ini disampaikan RK saat berdiskusi dengan pelaku ekonomi kreatif Jakarta di Urban Forest, Cipete, Jakarta Selatan, Selasa (15/10/2024).

"Kami akan memperbanyak ruang-ruang kreatif layaknya Urban Forest, M Bloc, dan lain-lain. Banyak aset Pemprov yang saya dapati nganggur sehingga ini bisa dimanfaatkan," kata RK.

RK menyebut, pegiat kreatif juga sangat membutuhkan dukungan pemerintah untuk menghadirkan ruang kreasi dan ekspresi. Sebab, ruang-ruang kreatif di Jakarta dinilai masih sangat kurang dan terbatas.

"Untuk mengadakan event terkadang perizinan tidak satu pintu. Harga untuk bisa mendapatkan izin juga kerap kali berbeda," ucap dia.

 

2 dari 2 halaman

Kota Ekonomi Kreatif Berskala Global

Tak hanya itu, dia bilang pasangan Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) juga memiliki gagasan untuk menjadikan Jakarta sebagai kota ekonomi kreatif berskala global.

Mantan Gubernur Jawa Barat itu akan memperbanyak panggung ekspresi budaya yang punya nilai ekonomi di Jakarta. Selain guna mengakomodir keinginan pelaku ekonomi kreatif juga dimaksudkan untuk mengurangi angka pengangguran.

"Nanti juga akan dihadirkan lembaga ekonomi kreatif, sehingga cara pikirnya akan terstruktur, kolaborasinya bisa terjalin dengan baik antara pelaku ekonomi kreatif dengan pemerintah provinsi," katanya.

"Khusus untuk pajak, ekonomi kreatif masih kelas menengah, nanti kami cek treatment perpajakannya, mudah-mudahan bisa kita berikan insentif dan lain-lain," tandas RK.

Video Terkini