Sukses

Persiapan Pilkada, KPU Kota Tangerang Pastikan Logistik Hampir Diterima 100 Persen

Sekretaris KPU Kota Tangerang menerangkan, untuk proses pendistribusian logistik akan dilakukan setelah semua sudah diterima.

Liputan6.com, Jakarta - KPU Kota Tangerang memastikan siap menerima dan menyalurkan logistik pilkada yang akan diselenggarakan pada 27 November 2024. Beberapa logistik pilkada pun sudah diterima.

"Logistik yang sudah siap, dari 14 item, itu yang sudah ada di kami jumlahnya 100 persen, itu ada bilik suara, koran suara, kabel tis atau kabel pengaman, segel kertas tinta dan sampul ukuran sedang sudah siap," ujar Sekretaris KPU Kota Tangerang Fandu Dwiadma Oktavirawan, dalam Rapat koordinasi Persiapan Pendistribusian Logistik Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024, di Novotel Tangerang, Jumat (18/10/2024).

Dia menerangkan, total bilik suara yang harus dipersiapan kurang lebih ada 10 ribu. Terdiri dari dalam 1 TPS harus ada 4 bilik suara. Sementara untuk kotak suara, 1 TPS membutuhkan 2 kotak suara, yakni untuk kotak suara pemilihan Wali Kota dan pemilihan Gubernur Banten.

Untuk surat suara, pada 12 Oktober lalu, pihaknya diundang oleh perusahaan percetakan untuk melihat cetak perdana untuk surat suara wali kota. Di hari yang sama sudah selesai, sebab, waktu cetak hanya membutuhkan waktu 5 jam saja.

"Saat ini logistiknya belum dikirim ke kami, masih ada di pabriknya di Cikarang. Menunggu proses cetak untuk pemilihan Gubernur (Banten), kemungkinan estimasinya baru pada akan 3 November pengiriman logistik tadi," kata Fandu.

2 dari 2 halaman

Kapan Pendistribusian Logistik?

Jumlahnya ada lebih dari 1,4 juta. Jumlahnya terdiri dari DPT dan cadangan sebanyak 2,5 persen dari jumlah DPT. Rinciannya, jumlah DPT di Kota Tangerang 1.377.828, ditambah 2,5 persen cadangan, sehingga surat suara yang akan didapat sekitar 1,4 jutaan.

Fandu pun menerangkan, untuk proses pendistribusian logistik akan dilakukan setelah semua sudah diterima. KPU juga akan melakukan proses pengelolaan logistik, dengan cara melipat surat suara, packing, dan sebagainya.

"Kalau untuk distribusi sendiri rencana menggunakan rumus 7-2-1, yakni 7 hari sebelum hari H logistik akan kita salurkan ke tingkatan PPK, 13 PPK, gudang sebagian besar difasilitasi Pemkot Tangerang, GOR. Kemudian, 2 hari sebelum pilkada, PPK akan diturunkan ke PPS atau kelurahan, disimpan di masing-masing kantor 104 kelurahan. Dan 26 November sebelum hari H, logistik di dorong ke KPPS atau TPS masing-masing, ada 2.706 TPS," tutur Fandu.

 

Video Terkini