Sukses

Pilkada Jakarta: Dukungan untuk RIDO Terus Mengalir, Ratusan Komunitas Relawan Antre Deklarasi

Sekretaris Tim Pemenangan RIDO, Basri Baco mengklaim, sudah ada 200 relawan yang mendaftar untuk mendeklarasikan dukungannya kepada RIDO.

Liputan6.com, Jakarta - Dukungan untuk pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut 01 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) terus mengalir. Kali ini tujuh komunitas relawan dari berbagai elemen masyarakat mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan RIDO.

Sekretaris Tim Pemenangan RIDO, Basri Baco mengklaim, sudah ada 200 relawan yang mendaftar untuk mendeklarasikan dukungannya kepada RIDO. Jumlah relawan di setiap komunitas bervariasi, ada yang mencapai puluhan orang hingga ratusan orang.

“Secara total yang terdaftar itu sekitar 200 (komunitas) relawan, dan deklarasi ini adalah hari yang ke-5, dan rata-rata yang deklarasi ada 6-7 komunitas. Jadi yang sudah deklarasi kurang lebih sekitar 35 komunitas relawan,” kata Baco di DPD Golkar DKI Jakarta, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (19/10/2024).

Baco mengatakan, para komunitas relawan ini bergerak atas keinginannya sendiri mendukung untuk RIDO dalam menghadapi Pilkada Jakarta, 27 November 2024 mendatang. Mereka berkorban membantu memenangkan RIDO dengan gerilya di jalur darat, yaitu melalui tatap muka dan diskusi di permukimannya.

“Suasana hari ini agak berbeda karena komunitas yang hadir adalah relawan-relawan yang besar yang ada di Jakarta, dan mereka membawa massa yang cukup banyak sehingga di lapangan ini kumpul sekitar 700-800 orang,” jelas Sekretaris DPD Partai Golkar DKI Jakarta ini.

Baco memandang, keberadaan relawan sangat penting sebagai salah satu instrumen memenangkan pertarungan. Karena itu, fungsi relawan sangat dibutuhkan untuk mendorong dan mengajak masyarakat agar mendukung pasangan RIDO.

“Karena teman-teman relawan ini mereka bergerak dengan kemampuan sendiri, dengan dana sendiri. Mereka korbankan segalanya untuk pasangan RIDO,” ucap Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta ini.

Selain itu, keberadaan relawan yang sudah melakukan deklarasi ini akan dilibatkan di beberapa kegiatan kampanye. Salah satunya adalah blusukan dan program aksi yang dilakukan oleh Tim Pemenangan RIDO.

“Ada beberapa program aksi dari tim RIDO yang akan segera diturunkan melalui peperangan darat, dan yang pelaksanannya bersama relawan dan ormas,” imbuhnya.

“Jadi nanti ada pengobatan gratis, ada sembako murah, ada bagi-bagi kacamata gratis dan ada bagi-bagi susu gratis,” sambungnya.

2 dari 3 halaman

Lokasi

Untuk lokasi program ini, lanjut Baco, akan diprioritaskan di permukiman padat penduduk dan yang memerlukan bantuan. Dia berharap, program ini bisa meringankan kebutuhan masyarakat Jakarta, terutama yang memang membutuhkan.

“Kami rata-rata menyasar daerah yang padat penduduk, dan yang kira-kira memang membutuhkan pengobatan gratis, kacamata baca gratis, tebus murah sembako, dan membutuhkan susu gratis,” pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Apresiasi

Sementara itu Ketua Tim Pemenangan RIDO, Ahmad Riza Patria atau Ariza, mengapresiasi dukungan para komunitas relawan kepada RIDO. Meski RIDO didukung oleh 15 partai politik di Jakarta, tapi keberadaan komunitas relawan tetap dibutuhkan sebagai mesin pendulang suara di lapangan.

“Tentu dukungan para relawan tidak kalau hebat dari dukungan partai politik, karena relawan hadir penuh dengan keikhlasan, kerelaan, kesungguhan, tanpa pamrih, tanpa jabatan dan tanpa iming-iming,” kata Ariza.