Sukses

Survei Sebut Pemilih Anies Cenderung ke RIDO di Pilgub Jakarta

Ada kecenderungan responden Pemilih Anies Baswedan dan Sandiaga Uno di Pilgub Jakarta ke pasangan RIDO.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga survei Poltracking menggelar jajak pendapat terhadap 2.000 responden terkait Pilgub Jakarta. Dalam salah satu poin pertanyaan, diungkap seberapa puas mereka saat Anies Baswedan memimpin Jakarta. Hasilnya, 71,4 persen responden menjawab puas.

”Jadi, yang puas terhadap Anies Baswedan sebanyak 71,4 persen,” kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda dalam keterangannya.

Lalu berapa banyak dari angka tersebut yang berlabuh ke suara tiga pasangan calon di Pilgub Jakarta?

Hanta membedah, ada kecenderungan responden Pemilih Anies Baswedan dan Sandiaga Uno di Pilgub Jakarta ke pasangan RIDO. Namun hal itu terpecah karena suaranya terbagi ke kandidat lain.

“Kecenderungannya di pemilih Anies juga sama ke Ridwan Kamil 54,2 persen. Baru kemudian ke Pramono dan Rano 35,4 persen. Itu adalah temuan kami berdasar peta elektoral per 10-16 Oktober 2024,” terang Hanta Yuda.

Menanggapi hal itu, RK mengatakan dirinya akan terus bekerja hingga akhir masa kampanye tanpa terpengaruh oleh hasil survei.

“Kalau hasil survei bagus, tidak boleh lengah dan tetap kerja keras. Kerja itu kan ada blusukan, ada sapa warga, ada medsos, dan lain sebagainya. Kalau hasil surveinya kurang menyenangkan, jawabannya adalah tingkatkan kegiatan kampanye,” tutup dia.

2 dari 2 halaman

Metodologi Survei

Sebagai informasi, survei terbaru Poltracking Indonesia dilakukan pada tanggal 10-16 Oktober 2024 terhadap 2.000 responden yang merupakan warga Provinsi Jakarta yang memiliki hak pilih. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik acak bertingkat atau multistage random sampling.

Batas kesalahan (margin of error) +/- 2,2 persen dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen. Metode survei dilakukan dengan wawancara tata muka oleh para surveyor yang terlatih.