Sukses

Jelang Debat Kedua Pilkada Jakarta, RK-Suswono Gelar Simulasi hingga Latihan Public Speaking

Suswono mengakui ada sedikit kesusahan menyampaikan gagasan secara efektif pada debat perdana beberapa pekan lalu. Sehingga ia melakukan simulasi hingga latihan public speaking agar debat nanti malam berjalan lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono, menggelar simulasi jelang debat kedua Pilkada Jakarta 2024. Debat kedua akan digelar malam ini, Minggu (27/10/2024). 

Suswono mengatakan, simulasi tersebut dihelat merujuk hasil debat pertama pada Minggu, 6 Oktober 2024 lalu. Ia mengakui ada sedikit kesusahan menyampaikan gagasan secara efektif pada debat perdana beberapa pekan lalu.

"Hari ini tadi kami coba simulasi lah dari hasil evaluasi yang kemarin ya itu concern-nya karena waktu itu, maka kemudian kita mencoba gimana dengan waktu yang relatif pendek kita bisa optimal untuk menjawab, itu sebetulnya yang perlu disiapkan," kata Suswono di kawasan Jimbaran, Ancol, Jakarta Utara, Minggu (27/10/2024).

Menurut Suswono, dalam simulasi yang telah dilaksanakan juga dilakukan sejumlah evaluasi, mulai dari intonasi hingga bahasa verbal yang akan digunakan.

"Ya kita simulasi, tadi juga dievaluasi. Tentang intonasi. Tentang juga bahasa verbal. Nah itu semuanya itu di ini betul, dikasih masukan," ucapnya.

Selain simulasi, Suswono bilang ia dan RK juga berlatih public speaking. Hal itu dilakukan agar debat kedua nanti bisa lebih maksimal.

"Ya pastilah kita tadi supaya kadang-kadang kan orang lain kan bisa menilai. Mungkin apa hal-hal yang perlu diperbaiki. Saya kira sih hal wajar lah," katanya.

Adapun debat kedua Pilkada Jakarta 2024 bakal berlangsung di Beach City International Stadium, Ancol dengan tema ekonomi dan kesejahteraan sosial.

2 dari 3 halaman

KPU Umumkan 2 Moderator dan 7 Panelis Debat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta telah mengumumkan susunan dua moderator dan tujuh panelis untuk debat kedua Pilkada Jakarta 2024 yang bakal digelar malam ini, Minggu (27/10/2024).

Hal tersebut diumumkan Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU DKI Jakarta, Astri Megatari. Dua moderator debat kedua Pilgub Jakarta 2024 merupakan presenter dari media swasta nasional yang berbeda.

Sementara itu, ketujuh panelis debat kedua Pilkada Jakarta 2024 terdiri atas akademisi dan praktisi dari berbagai sektor yang relevan dengan tema debat. Adapun tema debat kedua yaitu ekonomi dan kesejahteraan sosial.

Lebih lanjut, Astri juga menerangkan alasan pihaknya memindahkan lokasi debat kedua Pilgub Jakarta 2024 yang semula direncanakan di Ecovention, Ancol menjadi Beach City International Stadium, Ancol. Dia mengatakan ada kegiatan lain di lokasi awal yang menghadirkan keramaian.

"Pertimbangannya karena di dekat Ecovention ternyata ada acara festival yang penontonnya diperkirakan 20 ribu orang," kata Astri dalam keterangannya, dikutip Minggu (27/10/2024).

 

3 dari 3 halaman

Daftar Moderator dan Panelis Debat Pilgub Jakarta

Kemudian, Astri memastikan tidak ada perubahan susunan acara antara debat pertama dan kedua Pilkada Jakarta 2024. Debat pilkada akan dimulai pada pukul 19.00 WIB.

"Susunan acara tidak ada perubahan tetap 6 segmen, dengan pembagian segmen sama seperti debat pertama," ucap Astri.

Dua moderator untuk debat kedua Pilgub Jakarta 2024:

1. Frisca Clarissa

2. Rivana Pratiwi

Tujuh panelis debat kedua Pilgub Jakarta 2024:

1. Dr.dr.Taufiq F Pasiak, M.Kes., M.Pd.I., MH

2. Dr. Tauhid Ahmad

3. Timboel Siregar, SSi, SH, MM

4. Dimas Oky Nugroho, S.IP, M.Phil., Ph.D

5. Prof. Dr. Arif Satria, S.P, M.Si

6. Felicia Putri Tjiasaka, B.Sc, CFA

7. Dr. M. Imdadun Rahmat, M.Si

Video Terkini