Sukses

Gagal Bangun Disneyland di Cikarang, Ridwan Kamil: Tugas Pemimpin adalah Berimajinasi

Calon Gubernur (Cagub) Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil (RK) menanggapi pertanyaan Cagub nomor urut 3 Pramono Anung mengenai rencana membangun Disneyland di Cikarang, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur (Cagub) Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil (RK) menanggapi pertanyaan Cagub nomor urut 3 Pramono Anung mengenai rencana membangun Disneyland di Cikarang, Jawa Barat yang tak terwujud, namun dijanjikan kembali untuk dibangun di Kepulauan Seribu.

Menurut RK, rencana itu menjadi catatan baginya saat menjadi Gubernur Jawa Barat (Gubernur Jabar). Dia mengatakan, tugas pemimpin adalah berimajinasi, kendati kerap gagal dalam perjalanan kinerjanya.

"Sebaik-baiknya pemimpin adalah pemimpin yang berani mengambil keputusan, walaupun dalam perjalananya kadang berhasil karena gagal," ujar RK di debat kedua Pilkada Jakarta di Beach City International Stadium, Jakarta Utara, Minggu (27/10/2024).

"Dan tugas pemimpin adalah berimajinasi, seburuk-buruknya pemimpin adalah hanya mengerjakan apa yang ada tanpa daya imajinasi," sambung dia.

Lalu, dia mencontohkan perjuangan Presiden Soekarno yang dinilai melahirkan Indonesia dengan menyertai daya imajinasi.

"Indonesia disebut imagine community, semua berimajinasi," kata Ridwan Kamil.

Lebih lanjut, RK menjelaskan Disneyland di Cikarang tak terwujud karena ada faktor kesepakatan politik yang tidak sesuai. Sehingga, proyek yang telah direncanakan itu tak terlaksana.

"Kalau urusan Disneyland itu kadang-kadang ya dalam political will tetapi bisnis dealnya tidak masuk dan lain sebagainya, tapi yang penting itu berusaha," terang dia.

Meski begitu, RK menuturkan kondisi di Jakarta berbeda dengan Cikarang. Dia meyakini keberhasilan membangun Disneyland di Jakarta lebih besar.

"Jakarta ini sangat konkret karena Karena kunjungan devisa ke aku Kepulauan Seribu sangat sedikit, kami mengusulkan social economic zone. Saya sudah bertemu dengan beberapa pihaknya yang mengatakan sangat visible," kata dia.

Diketahui saat menjabat Gubernur Jawa Barat (Jabar), RK mengumbar rencana membangun kawasan taman hiburan Disneyland di Kawasan Industri Cikarang, Bekasi, dengan nilai investasi Rp3 triliun dari Tiongkok.

Hal itu sebagai upaya optimalisasi pembangunan provinsi pariwisata. Namun, rencana itu tak terlaksana hingga RK berakhir masa jabatan.

 

2 dari 3 halaman

Sindir Ridwan Kamil, Pramono: Sebenarnya Mau Bangun Disneyland di Pulau Seribu atau Cikarang?

Sebelumnya, calon gubernur Jakarta nomor urut 03, Pramono Anung mempertanyakan janji Cagub nomor urut 01 Ridwan Kamil yang ingin membangun Disneyland di Pulau Seribu. Sebab, sebelumnya Ridwan Kamil juga menjanjikan pembangunan Disneyland di Cikarang, namun tidak terlaksana.

"Dulu 2018 Kang Emil pernah menyampaikan akan membangun Disneyland di Cikarang, sekarang kang Emil ketika menjadi calon gubernur di Jakarta menyampaikan akan membangun Disneyland di pulau seribu, sebetulnya akan dibangun di Cikarang atau di pulau seribu?," tanya Pramono dalam sesi tanya jawab di Debat Kedua Pilkada Jakarta, Ancol, Minggu (27/10/2024).

Menjawab hal tersebut, Ridwan Kamil menyatakan pemimpin sudah seharusnya berimajinasi.

"Tugas pemimpin adalah berimajinasi, seburuk-buruknya pemimpin adalah hanya mengerjakan apa yang ada tanpa daya imajinasi," kata dia.

Menurut Ridwan, gagalnya Disneyland di Cikarang lantaran tidak bertemunga bisnis deal.

"Kalau urusan Disneyland itu kadang-kadang ya dalam political will tetapi bisnis dealnya tidak masukdan lain sebagainya, Tapi yang penting itu berusaha," kata dia.

Untuk Disneyland di Pulau Seribu, Ridwan Kamil mengusulkan pembangunan zona ekonomi khusus di sana.

"Kami mengusulkan social ekonomic zone," pungkasnya.

 

3 dari 3 halaman

RK Ingin Jadikan Kepulauan Seribu Destinasi Wisata Global

Sebelumnya, Calon Gubernur (Cagub) Jakarta Nomor Urut 1 Ridwan Kamil (RK) mengatakan, pihaknya ingin menjadikan Kepulauan Seribu sebagai destinasi wisata global seperti Disneyland atau Universal Studio.

Hal itu, kata RK, guna meningkatkan kunjungan wisata ke Kepulauan Seribu.

"Kepulauan Seribu itu sedang kita dorong untuk menjadi spesial. Beberapa pulau itu kita akan jadikan destinasi wisata global, ala-ala Disneyland, ala-ala Universal Studio itu nanti ada di sana," kata RK di SCBD, Jakarta Selatan, Minggu 13 Oktober 2024.

RK juga mendorong, dibangun terminal transportasi publik yang berkualitas untuk menuju ke Kepulauan Seribu. Menurutnya, terminal itu akan bisa menjadi ikon Kepulauan Seribu.

"Kebayang enggak, kita naik MRT berhenti di Ancol, naik ke atas terminal Kepulauan Seribu," tandas RK.

Nantinya, kata dia, di Kepulauan Seribu akan dirancang resort seperti Maldive. "Kedua destinasi yang sifatnya bayar tiket, ala-ala Disneyland ala-ala itu," tutur Ridwan Kamil.

Mantan Gubernur Jawa Barat ini menilai, wisata di Kepulauan Seribu selama ini kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah. Dia memandang, diperlukan promosi masif oleh pemerintah terkait destinasi wisata Kepulauan Seribu.

Terlebih, kata Ridwan Kamil, ke depan status Jakarta sebagai ibu kota negara akan berpindah ke IKN, Kalimantan Timur. Sehingga, Jakarta harus bersiap menjadi kota bisnis.