Sukses

Rano Karno Janji Bangun Kembali SPBU Apung di Kepulauan Seribu, Yakin Bisa Atasi Masalah Ini

Rano Karno mengungkapkan bahwa dirinya telah menyambangi dua pulau di Kepulauan Seribu yaitu Pulau Bidadari dan Untung Jawa. Ia mendapatkan bahwa warga Kepulauan Seribu memiliki permasalahan terkait transportasi laut dan air bersih.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Gubernur (Cawagub) nomor urut 3, Rano Karno berjanji akan membangun stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) terapung di Kepulauan Seribu. Kebijakan ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan transportasi antar-pulau yang ada di wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta.

Hal itu diungkapkan Rano Karno menanggapi jawaban Calon Gubernur (Cagub) Jakarta nomor urut 2 Dharma Porengkun dalam debat kedua Pilgub Jakarta yang digelar di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta pada Minggu (27/10/2024). Rano menyinggung soal permasalahan air bersih dan transportasi laut di Kepulauan Seribu.

Rano mengungkapkan bahwa dirinya telah menyambangi dua pulau di Kepulauan Seribu yaitu Pulau Bidadari dan Untung Jawa. Ia mendapatkan bahwa warga Kepulauan Seribu memiliki permasalahan terkait transportasi laut dan air bersih.

Menurut Rano, permasalahan utama warga Kepulauan Seribu adalah sulitnya mendapatkan solar untuk menggunakan alat transportasi antar-pulau.

"Jadi bagaimana bisa mereka bisa menggunakan alat transportasinya kalau solarnya tidak ada. Kalau kami besok menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur yang dibilang SPBU akan kami bangun kembali SPBU Apung," kata Rano.

Terkait air bersih, Rano mengungkapkan bahwa ia pernah memberdayakan warga Bayah di Banten untuk menanam rumput laut. 

"Masalah air bersih itu saya paham tentang rumput laut karena kebetulan di daerah Bayah Saya pernah menanam rumput laut," ucap Rano.  

2 dari 2 halaman

Pramono Sindir RK Soal Ingin Bangun Disneyland di Kepulauan Seribu

Sementara itu, Calon gubernur Jakarta nomor urut 03, Pramono Anung mempertanyakan janji Cagub nomor urut 01 Ridwan Kamil yang ingin membangun Disneyland di Pulau Seribu. Sebab, sebelumnya Ridwan Kamil juga menjanjikan pembangunan Disneyland di Cikarang, namun tidak terlaksana. 

“Dulu 2018 Kang Emil pernah menyampaikan akan membangun Disneyland di Cikarang, sekarang kang Emil ketika menjadi calon gubernur di Jakarta menyampaikan akan membangun Disneyland di pulau seribu, sebetulnya akan dibangun di Cikarang atau di pulau seribu?,” tanya Pramono dalam sesi tanya jawab di Debat Kedua Pilkada Jakarta, Ancol, Minggu (27/10/2024) malam.

Menjawab hal tersebut, Ridwan Kamil menyatakan pemimpin sudah seharusnya berimajinasi.

“Tugas pemimpin adalah berimajinasi, seburuk-buruknya pemimpin adalah hanya mengerjakan apa yang ada tanpa daya imajinasi,” kata dia.

Menurut Ridwan, gagalnya Disneyland di Cikarang lantaran tidak bertemunga bisnis deal.

“Kalau urusan Disneyland itu kadang-kadang ya dalam political will  tetapi bisnis dealnya tidak masukdan lain sebagainya, Tapi yang penting itu berusaha,” kata dia.

Untuk Disneyland di Pulau Seribu, Ridwan Kamil mengusulkan pembangunan zona ekonomi khusus di sana. “Kami mengusulkan social ekonomic zone,” pungkasnya.   

Video Terkini