Sukses

Gerindra: Artis Jadi Caleg Belum Tentu Menang, Bisa Digilas Pengusaha

Politikus Partai Gerindra Andy Rahmat Wijaya berbicara fenomena majunya para artis tanah air menjadi calon legislatif di Pemilu 2019.

Liputan6.com, Jakarta Politikus Partai Gerindra Andy Rahmat Wijaya berbicara fenomena majunya para artis tanah air menjadi calon legislatif (caleg) di Pemilu 2019. Menurut dia, meskipun terkenal para pelakon dunia hiburan itu bisa saja digilas caleg dari kalangan pengusaha yang memiliki modal besar.

"Artis juga belum tentu terpilih, bisa digilas pengusaha yang duitnya miliaran," ujar Andy dalam diskusi Madrasah Anti-Korupsi (MAK) di Kantor Pusat Dakwah Muhammadiyah Jakarta Pusat, Rabu (25/7/2018).

Andy menilai bahwa sistem politik saat ini sarat dengan transaksi. Hal itu, kata dia, yang membuat mau tidak mau partai politik ikut hanyut di dalamnya.

"Jadi orientasinya rata-rata pragmatis. Sistem proporsional terbuka memiliki kencenderungan melahirkan sikap yang koruptif. Ini yang harus diperbaiki," jelasnya.

Pada Pemilu 2019, sejumlah nama selebritas Indonesia terdaftar menjadi bakal calon legislatif. Tercatat ada 54 artis yang jadi vakal caleg.

Para artis jadi caleg Tanah Air ini mendaftar melalui beberapa partai. Mereka di antaranya adalah artis yang baru terjun ke politik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wajah Lama

Tapi, ada juga wajah lama, artis yang sudah berkecimpung di dunia politik yang kembali mencalonkan diri. Mereka ada yang sudah pernah menjadi anggota DPR RI dan kembali nyaleg. Bahkan ada yang lompat pagar, ganti partai.

Artis yang mencalonkan diri mewakili Partai Nasdem setidaknya ada 26 orang salah satunya adalah Olla Ramlan, Nafa Urbach, hingga Vicky Shu. Sementara itu sekitar 13 artis mencalonkan diri melalui partai PDIP mulai dari Krisdayanti sampai mantan artis cilik Tina Toon.

Lalu lewat PKB atau Parta Kebangkitan Bangsa ada Tommy Kurniawan, Herman gitaris Seventeen, Ivan vokalis Seventeen, Saleh Said Bajuri, Sundari Sukoco, Arzeti Bilbina, dan Zora Vidyanata.

Tak mau ketinggalan, para artis juha mendaftarkan diri sebagai caleg melakui Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Berkarya, Golkar, Perindro, Gerindra, dan partai baru Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.