Sukses

Polemik Jan Ethes di Kampanye Pilpres 2019

Meski masih balita, cucu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jan Ethes ikut terseret dalam hiruk pikuk Pilpres 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Meski masih balita, cucu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Jan Ethes ikut terseret dalam hiruk pikuk Pilpres 2019. Hal ini berawal saat Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid menuding anak Gibran Rakabuming Raka itu dilibatkan dalam pusaran kampanye Jokowi.

"Ini Jan Ethes yang pernah sebut Jokowi, kakeknya, sebagai artis ya? Tapi bagaimana kalau ini jadi legitimasi pelibatan anak-anak dalam kampanye? Bagaimana Bawaslu RI, masih bisa berlaku adil kah?" ujar Hidayat dalam akun Twitter pribadinya pada Sabtu (26/1/2019).

Menanggapi hal ini, Sekretaris Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto memandang tak perlu risau soal ini.

"Gampang saja, kalau mereka protes, bawa saja anak Pak Prabowo, selesai. Bawa istri Pak Prabowo, selesai," singkat Hasto di Jakarta, Selasa 29 Januari 2019.

Sementara, Direktur Komunikasi Politik Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Usman Kansong mengatakan, kedekatan Jokowi dengan cucunya itu hal yang wajar.

"Kami tegaskan bahwa Pak Jokowi maupun tim kampanye nasional tidak pernah melibatkan Jan Ethes dalam kampanye," ujar Usman.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Balik Tuding PKS

Usman dengan gamblang menyebut malah pihak PKS yang melibatkan anak-anak dalam kampanye. Seperti, dia mengaku melihat anak-anak ikut kampanye dengan mengibarkan bendera. Serta, seorang anak-anak yang berorasi ganti presiden di atas mobil dalam aksi bela tauhid.

"Justru yang sering menggunakan anak-anak dalam kampanye adalah PKS. Jadi ini tentu saja tuduhan yang tidak berdasar, ini istilahnya lempar batu sembunyi tangan," kata Usman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.