Sukses

Kegiatan Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi di Masa Tenang Pilpres

Usai debat kelima Pilpres berakhir, Jokowi memilih untuk menunaikan ibadah suci umrah ke Makkah. Bagaimana Prabowo mengisi masa tenang?

 

Liputan6.com, Jakarta - Saling adu gagasan dua pasangan capres dan cawapres Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga pada Pemilu 2019 telah berakhir. Pemilu 2019 memasuki masa tenang mulai hari ini, Minggu (14/4/2019) hingga pencoblosan pada 17 April 2019.

Para calon pun mengisi masa tenang Pemilu dengan melakukan sejumlah kegiatan setelah pada Sabtu 13 April 2019 malam mengikuti debat pamungkas Pilpres 2019 untuk menarik perhatian swing dan undecided voters.

Lantas, apa saja kegiatan para paslon Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga dalam mengisi masa tenang? Berikut kegiatan mereka seperti yang dirangkum Liputan6.com:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jokowi Umrah

Usai debat kelima Pilpres berakhir, Jokowi memilih untuk menunaikan ibadah suci umrah ke Mekkah. Mantan Gubernur DKI itu dijadwalkan kembali ke Tanah Air, Senin, 15 April 2019.

Sebelum keberangkatannya, Jokowi berpesan agar masa tenang tidak boleh digunakan melakukan hal yang aneh-aneh.

"Masa tenang ya tenang dong. Semuanya tenang," ucap Jokowi usai debat di Hotel Sultan Jakarta, Sabtu 13 April 2019.

Tiba di Arab Saudi, Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana memenuhi undangan Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud.

3 dari 5 halaman

Sandiaga Umrah

Sama seperti Jokowi, cawapres Sandiaga juga memilih menghabiskan masa tenang dengan beribadah umrah. Sandi bersama istrinya Nur Asia berangkat ke Tanah Suci hari ini, Minggu (14/4/2019).

Momen keberangkatannya sempat dibagikan melalui video di akun instagram pribadinya. Dia berpamitan dengan anak-anaknya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

 

Menurut asisten pribadi Sandiaga, mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu meninggalkan tanah air pukul 00.15 WIB.

"Anak-anak baru sampai Jakarta, orang tuanya harus pergi lagi. Belum sempat kangen-kangenan. Doakan semoga ibadah mama-papa lancar. Sampai bertemu hari Selasa nanti anak-anak perempuanku..." demikian tulis akun instagram Sandiaga.

4 dari 5 halaman

Ma'ruf Amin Kumpul Keluarga

Sementara itu, cawapres Ma'ruf Amin menggunakan masa tenang ini dengan berkumpul dengan keluarga. Dia ingin lebih banyak beristirahat di rumah bersama keluarga.

"Saya berkumpul dengan keluarga. Kan sudah sekian lama kita muter kayak jarum super, jarum super itu (artinya) jarang di rumah suka pergi, jadi jarum super berapa bulan itu," jelas Ma'ruf di lokasi.

 

5 dari 5 halaman

Prabowo Konsolidasi dengan Parpol

Lalu bagaimana dengan Prabowo? Capres nomor urut 02 ini mengaku masih banyak kegiatan. Salah satunya, menghadiri pernikahan anak buahnya.

"Besok hadiri ada anak buah yang kawin, habis itu masih banyak acara kayak gitu," kata Prabowo usai debat di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu 13 April 2019.

Selain itu, dia akan memanfaatkan masa tenang Pemilu 2019 untuk berolahraga. "Olahraga dong, kalau enggak, stres," ujar Prabowo.

Sebelumnya, anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Fadli Zon, mengatakan, Prabowo juga akan melakukan konsolidasi dengan partai politik pendukungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.