Sukses

Lampion-lampion Cantik yang Identik dengan Malam Takbir di Jogja

Bentuk lampionnya pun beragam dan unik. Mulai dari miniatur pesawat terbang, masjid, hingga tokoh kartun.

Liputan6.com, Sleman - Lebaran memang masih sepekan lagi. Namun persiapan menyambut hari kemenangan itu sudah mulai terasa di sejumlah daerah. Salah satunya di Sleman, DI Yogyakarta. Sejumlah pedagang lampion juga sudah mulai banyak dijumpai.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Selasa (22/7/2014), lampion merupakan benda yang tak bisa dilepaskan dari tradisi takbiran di wilayah Yogyakarta. Berawal dari obor di masa lalu, kini pawai takbir tampil lebih meriah dengan nyala lampion warna-warni.

Lampion pun tidak melulu hadir dalam satu bentuk. Kini lampion hadir dalam aneka bentuk antara lain pesawat terbang, masjid, bahkan tokoh film kartun. Seperti sponge bob, minion, hello kitty dan masha.

Layaknya terompet yang identik dengan tahun baru. Di Yogyakarta lampion juga identik dengan takbiran. Para orang tua mempunyai alasan kenapa perlu membeli lampion untuk anak mereka.

Dari tahun ke tahun, permintaan lampion saat lebaran tidak pernah berkurang. Untuk satu masa lebaran saja, omset yang didapat para perajin bisa mencapai 1.500 buah. Namun lantaran puasa kali ini nyaris berbarengan dengan tahun ajaran baru, permintaan lampion mengalami sedikit penurunan.

1 Buah lampion untuk lebaran ini dijual dengan kisaran harga Rp 20 hingga 25 ribu bergantung pada kerumitan pembuantannya. Lampion-lampion tersebut dibuat dari bahan gabus dan diberi lampu LED sebagai sumber cahayanya. (Ali)

Baca juga:

Pedagang: Pesanan Parsel di Makasar Ramai Ketimbang Tahun Lalu

Cerdas Berkemas untuk 7 Hari Mudik Lebaran

Manjakan Pemudik, Polda Jabar Ubah Mapolsek Jadi Rest Area

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini