Sukses

Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal 1435 H Digelar Usai Maghrib Ini

Dalam rangkaian sidang isbat kali ini akan dilakukan demonstrasi teleskop robotik yang digunakan untuk mengamati hilal di sejumlah daerah.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Agama RI dan sejumlah ormas Islam akan melakukan sidang isbat petang ini. Sidang isbat yang digelar pada hari ke 29 Ramadan ini untuk menentukan jatuhnya Hari Raya Idul Fitri tanggal 1 Syawal 1435 Hijriah.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (27/7/2014), Kementerian Agama bersama Kementerian Komunikasi dan Informasi akan menyiarkan langsung hasil rukyatul hilal di beberapa titik di Indonesia.

Dalam rangkaian sidang isbat kali ini dilakukan demonstrasi teleskop robotik yang digunakan untuk mengamati hilal di sejumlah provinsi di Indonesia. Selain itu juga akan diadakan pemaparan terkait posisi hilal awal bulan Syawal 1435 Hijriah.

Dalam pemaparan tersebut, disampaikan 22 metode hisab (hitung) yang akan menentukan posisi hilal. Dari 22 metode tersebut hasilnya tidak jauh berbeda, yakni menyatakan posisi hilal berada di atas 3 derajat. Artinya, 1 Syawal 1435 Hijriyah bisa datang pada Senin 28 Juli esok hari.

Sidang Isbat ini akan digelar usai buka bersama dan jamaah salat maghrib. Sidang yang dipimpin Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin ini akan berlangsung secara tertutup.

Sidang isbat ini juga akan dihadiri beberapa perwakilan duta besar negara Islam, di antaranya Arab Saudi, Lebanon, Malaysia dan Brunei Darussalam. Selain itu juga akan hadir puluhan ormas Islam yang nantinya akan mengonfirmasi hasil dari rukyatul hilal yang dilakukan di beberapa daerah. (Mvi)

Baca juga:

Tentukan 1 Syawal, Kemenag Gelar Sidang Isbat Petang Nanti

Presiden SBY dan Wapres Boediono Salat Id di Istiqlal

Jemaah An-Nadzir Lebaran Hari Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.