Sukses

Yuk, Coba Buat Doko-doko Cangkuning Khas Bugis untuk Berbuka

Kue ini identik dengan balutan daun pisang yang berbentuk kerucut.

Liputan6.com, Makassar - Hampir semua tempat jajanan kuliner khas selama Ramadan di Makassar‎, Sulawesi Selatan, menyajikan kue Roko-roko Cangkuning yang merupakan kue tradisional khas suku Bugis-Makassar.

Orang Bugis biasa menyebutnya Doko-doko Cangkuning, sedangkan orang Makassar memanggil dengan sebutan Roko-roko Cangkuning. Kue ini identik dengan balutan daun pisang yang berbentuk kerucut.

Rina Arifah (40), salah seorang penjual kue di pusat jajanan kuliner Ramadan di Makassar, tepatnya berlokasi di belakang Wisma Kalla, Jalan Andi Mappanyuki, mengatakan panganan ini selalu banjir peminat meski saat ini harga sebungkus dibanderol Rp 4.000.

"Inimi kue yang tidak pernah kurang peminat, dan hampir semua pedagang kue di sini menjual Roko-roko Cangkuning karena rasanya yang khas dan baunya yang harum dari balutan daun pisang ini sehingga banyak yang suka. Doko artinya bungkus yang diisi dengan adonan Bugis yang disebut Cangkuning. Karena dibungkus lagi dengan daun, makanya dinamakan Doko-doko Cangkuning," jelas dia kepada Liputan6.com.

Kue ini identik dengan balutan daun pisang yang berbentuk kerucut.

Ibu yang memiliki seorang anak ini mengungkapkan cara pembuatan Roko-roko Cangkuning, tidaklah sukar dan bahannya sangat mudah diperoleh. Begini caranya:

Bahan:

250 gram tepung ketan, 50 gram tepung kanji, 1 sendok teh (sdt) air kapur siri, 75 cc air daun suji dari 10 lembar daun suji dan 10 lbr daun pandan, 100 cc air, 1 sdt tepung beras, ¼ sdt garam dan terakhir menyiapkan daun pisang untuk digunakan membungkus adonan nantinya.

Bahan isi kue:

½ butir kelapa muda yang sudah diparut serta  250 gram gula merah yang telah diiris.

Proses pembuatan:

Pertama, campurkan bahan untuk isi, terus masak sampai airnya habis. Kemudian bentuk seperti kelereng. Setelah itu Campur air kapur sirih, tepung kanji, tepung beras, dan ketan.

Tuangkan air suji perlahan-lahan, kemudian aduk-aduk pakai tangan adonan hingga dapat tergulung. Selanjutnya bentuk bulat adonan kira-kira dengan garis tengah 3 centimeter. Usai itu, taruhlah adonan ke daun pisang yang sudah disiapkan sebelumnya. Setelah itu beri bongkahan kecil gula aren dan bulatkan lagi, kemudian bungkus.

"Terakhir kukus pada dandang dengan nyala api yang sedang. Supaya keliatan ciamik, buka pembukusnya satu demi satu, kemudian ganti dengan daun pisang yang segar dan muda. Ceng-ceng jadilah Roko-roko Cangkuning, "terang Rina. (Eka Hakim/Nrm)