Sukses

Segarnya Wedang Sirsak, Sajian Berbuka di Pasar Romadon Kauman

Pasar Sore Romadan Kauman menyajikan banyak menu tradisional untuk berbuka puasa.

Liputan6.com, Yogyakarta - Berburu menu berbuka puasa menjadi satu tradisi di bulan Ramadan. Berbagai daerah, pasti memiliki satu lokasi yang bisa dituju sebagai tempat perburuan kuliner berbuka ini. Salah satunya, di Pasar Sore Romadon Kauman di Yogyakarta.

Di pasar ini, masyarakat sekitar Yogyakarta bisa menemukan berbagai menu tradisional khas. Mulai dari Kicak, Jadah Manten, Semar Mendem sampai Brongkos koyor. Untuk menu minuman, sebutlah es buah, es blewah, setup jambu hingga es degan.

Namun di pasar sore Romadon Kauman ini, ada satu menu minuman yang segar nikmat yang patut dicoba, yakni Wedang Sirsak. Pedagang minuman ini bisa ditemukan di salah satu stan tidak jauh dari pintu masuk sebelah utara.

Roychana, pembuat Wedang Sirsak, mengatakan minuman khas saat Eamadan ini kaya manfaat bagi tubuh. Makanya minuman ini diburu pembeli yang sudah berusia lanjut. Selain nikmat, minuman ini berfungsi untuk mengobati asam urat, batuk dan kolesterol.

"Biasanya lebih baik hangat karena enak dan bisa untuk obati asam urat, batuk dan kolesterol. Kalo nggak bisa ke belakang bisa minum ini nanti bisa. Walaupun pakai es juga bisa tapi lebih enak diminum pas hangat," ujar Roychana kepada Liputan6.com.

Di pasar sore Romadon Kauman, hanya Roychana yang menjual Wedang Sirsak. Sempat dulu, pernah ada yang menjual menu serupa, tapi kedai roychana yang paling dicari.

Dia mengaku sudah berjualan menu Wedang Sirsak sejak tahun 1994. Jualannya diilhami, dari penjual Wedang Sirsak semasa kecil di depan Pasar Beringharjo. Namun sejak saat ini tidak ada lagi penjual Wedang Sirsak ini.

"Awalnya ya itu dari lihat terus bikin. Tapi sekarang kalau Sirsak panas cuma saya sekarang karena yang di Beringharjo sudah nggak ada jualan," ungkap dia. Biasanya dalam sehari, dia mampu menjual 100 bungkus.

Untuk menyeruput minuman ini, Anda cukup membayar Rp 3.500 per gelas. Cita rasanya dominan manis dengan sedikit asam.

"Kecut kecut sedikit ada gula. Sebenarnya daun sirsak itu untuk segala penyakit. Saya mengalami Kaki keju keju.
Lalu minum daun sirsak direbus darah tinggi bisa dan untuk kanker bisa. Waktu itu saya ada benjolan lalu saya minum ini sekarang sudah ga ada," ujarnya. Silakan coba sebagai menu berbuka puasa.(Fathi/Nrm)

Video Terkini