Sukses

H-6 Lebaran, Pemudik di Pelabuhan Merak Melonjak 50 Persen

Diprediksi hingga siang ini pemudik pejalan kaki yang menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung berjumlah 30 ribu orang.

Liputan6.com, Cilegon - Jumlah pemudik di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, hingga siang hari ini terpantau melonjak 50 persen pada H-6 Lebaran. Diprediksi, hingga siang ini pemudik yang menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung berjumlah 30 ribu orang.

Selain itu PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Utama Merak memperkirakan, ada sebanyak 1.500 kendaraan roda dua dan 3 ribu roda empat yang menyeberang.

"Kenaikan secara bertahap sudah terjadi sejak H-15 lalu. Untuk hari ini, kami prediksi akan terjadi lonjakan," kata humas PT ASDP Cabang Merak, Mario S Oetomo di Cilegon, Banten, Sabtu (11/7/2015).

"Karena anak sekolah sudah memasuki libur panjang dan sebagian pegawai sudah libur pada Senin nanti. Jadi mereka memilih berangkat hari ini dan Minggu," imbuh dia.

Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada H-3 Idul Fitri. Untuk hari Sabtu dan Minggu (11-12 Juli 2015) ini saja, pihak ASDP telah mengoperasikan sebanyak 24 kapal roll on roll off (ro-ro) di Pelabuhan Merak.

Dan, tidak tertutup kemungkinan ASDP akan menambah kapal yang dioperasikan jika jumlah penumpang semakin bertambah dan menumpuk di pelabuhan.

"Kami akan mengoperasikan 27 kapal, tapi kalau terjadi kepadatan akan ditambah," tandas Mario. (Ndy/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini