Sukses

30 Toilet Khusus Disabilitas Tersedia di 14 Rest Area Saat Mudik

Tidak hanya menyiapkan fasilitas khusus pada tiap toilet disabilitas, Jasa Marga juga menambah toilet-toilet di seluruh jalan tol miliknya,

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 30 unit toilet khusus penyandang disabilitas tersedia pada 14 rest area atau Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Keberadaan fasilitas ini sebagai upaya meningkatkan layanan menjelang arus mudik dan balik 2019.

Corporate Communication Department Head Jasa Marga, Irra Susiyanti mengatakan, kondisi rest area, lebih khususnya toilet, saat arus mudik dan balik kerap terlihat antrean yang cukup panjang. Apalagi, penyandang disabilitas mengalami kesulitan untuk menggunakan fasilitas toilet di rest-rest area tertentu.

"Maka, keberadaan toilet khusus disabilitas dapat menambah kenyamanan para pemudik yang ingin menuju kampung halamannya, terutama yang melewati Jalan Tol Trans Jawa," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (23/5/2019).

Tidak hanya menyiapkan fasilitas khusus pada tiap toilet disabilitas, Jasa Marga juga menambah toilet-toilet di seluruh jalan tol miliknya, terutama sepanjang Jalan Tol Trans Jawa. Selain itu juga menambah dan menempatkan petugas pengaturan parkir, keamanan dan kebersihan di rest area.

"Selain itu, Jasa Marga juga menerapkan Manajemen Rest Area untuk meminimalisir kepadatan di rest area, seperti menerapkan sistem zoning, penyediaan informasi parkir melalui Rest Area Monitoring System dan penambahan berbagai fasilitas seperti posko kesehatan dan tempat ibadah," tandas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lokasi

Perincian penyediaan toilet khusus disabilitas tersebut adalah sebagai berikut:

- TIP 88A Jalan Tol Padaleunyi: 4 unit

- TIP 88B Jalan Tol Padaleunyi: 6 unit

- TIP 97B Jalan Tol Padaleunyi: 2 unit

- TIP 125B Jalan Tol Padaleunyi: 2 unit

- TIP 149B Jalan Tol Padaleunyi: 2 unit

- TIP 207A Jalan Tol Palikanci: 1 unit

- TIP 360B Jalan Tol Batang-Semarang: 5 unit

- TIP 519A Jalan Tol Solo-Ngawi: 1 unit

- TIP 519B Jalan Tol Solo-Ngawi: 1 unit

- TIP 575A Jalan Tol Solo-Ngawi: 1 unit

- TIP 575B Jalan Tol Solo-Ngawi: 1 unit

- TIP 597A Jalan Tol Ngawi-Kertosono: 1 unit

- TIP 725A Jalan Tol Surabaya-Mojokerto: 1 unit

- TIP 726B Jalan Tol Surabaya-Mojokerto: 2 unit

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini