Sukses

Sinabung Erupsi Beruntun dalam 24 Jam Terakhir

Gunung Sinabung masih berstatus Awas Level IV serta sering terjadi guguran awan panas dalam beberapa hari terakhir.

Liputan6.com, Karo - Gunung Api Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali mengeluarkan lava pijar, Sabtu (27/2/2016) pagi. Terjadi peningkatan erupsi dan guguran awan panas yang cukup signifikan.

Petugas Vulkanologi, Mitigasi, dan Bencana Geologi (PVMBG) Mohammad Nur Asrori mengatakan, hal tersebut disebabkan meningkatnya gempa-gempa guguran. Dalam 24 jam terakhir, telah terjadi beberapa kali erupsi.


"Satu kali erupsi tanpa guguran, kemudian dua kali erupsi disertai guguran awan panas dan 13 kali guguran awan panas sejauh 3.500 meter mengarah ke tenggara timur," kata Asrori.

Ia mengungkapkan, Gunung Api Sinabung masih berstatus Awas Level IV serta sering terjadi guguran awan panas dalam beberapa hari terakhir. Warga diimbau untuk menjauh dari zona berbahaya yang telah ditetapkan pemerintah.

"Hal ini karena potensi erupsi maupun guguran awan panas yang sangat besar dan sangat berbahaya bagi warga yang berada di zona berbahaya," ucap Asrori.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini