Sukses

Bonus Atlet Peraih Medali Asian Games dan Asian Para Games Sama

Pemerintah tidak membedakan jumlah bonus peraih medali Asian Games dengan Asian Para Games.

Liputan6.com, Solo - Pemerintah berjanji akan memberikan jumlah bonus yang sama antara atlet peraih medali Asian Games dengan Asian Para Games. Selain itu, pemerintah menargetkan perolehan medali kontingan Indonesia bisa masuk peringkat 10 besar dalam perhelatan petandingan olahraga para atlet disabilitas antar negara kawasan Asia.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani menyebutkan pemerintah akan memberikan jumlah bonus yang sama kepada atlet peraih medali dalam Asian Para Games.

"Jumlahnya sama, untuk atlet yang meraih medali emas dalam Asian Para Games juga akan memperoleh bonus Rp 1,5 miliar, begitu juga untuk peraih medali perak dan perunggu," kata dia usai pawai obor Asian Para Games di Solo, Rabu, 5 September 2018.

Seperti diketahui pada Asian Games 2018, peraih medali perak memperoleh bonus Rp 500 juta, perunggu Rp 250 juta. Sedangkan untuk ganda, peraih medali emas mendapatkan bonus Rp 1 miliar, perak Rp 400 dan perunggu Rp 200 juta. Sementara itu untuk beregu, peraih medali emas mendapatkan bonus rp 750 juta, perak Rp 300 juta dan perunggu Rp 150 juta.

"Semuanya sama, bonus dari pemerintah sama. Nanti ada ketentuannya," kata putri Ketua Umum PDIP Megawati Seokarnoputri itu.

2 dari 2 halaman

Target Tembus Peringkat 10 Besar

Puan mengungkapkan saat ASEAN Para Games di Malaysia 2017 lalu, Indonesia berhasil menjadi juara umum. Dengan semangat itu, ia berharap para atlet disabilitas Indonesia yang berlaga di Asian Para Games bisa menduduki peringkat 10 besar dalam perolehan medali.

"Kalau ditanya target, saat ASEAN Para Games lalu menjadi jura umum. Tapi untuk Asian Para Games ini targetnya masuk 10 besar. Insyaallah bisa rangking 7 atau 6," harapnya.

Dalam Asian Para Games 2018, jumlah negara yang ikut berlaga sebanyak 41 negara. Sedangkan cabang olahraga yang dipertandingkan di antaranya. Wheelchair basketball, para athletic, para swimming, bocchia, tenis meja dan lainnya.

"Ada 41 NPC (National Paralympic Committee) atau negara yang akan kirim paralympic dan jumlah pertandingkan 18 cabor," sebutnya.

Simak video pilihan berikut ini:

Â