Sukses

Pakai Ilmu Titien, Pawang Ular Tangkap Sanca Sepanjang 4 Meter

Ular yang bersarang di saluran air pabrik es tersebut diduga jadi biang keladi hilangnya banyak hewan peliharaan warga.

Liputan6.com, Purworejo Penangkapan ular sanca membuat heboh warga Kota Purworejo. Tidak tanggung-tanggung, ular sepanjang 4 meter ini berhasil diamankan Slamet Junaedi, sanga pawang, dari dalam bekas saluran air pabrik es di Kampung Pendekluwih, Kota Purworejo.

Keberadaan ular raksasa di lingkungan padat penduduk itu tidak disangka warga. Kendati mereka selama ini kerap mengeluh kehilangan hewan peliharaan.

Peliharaan warga seperti ayam, angsa, dan kelinci, kerap hilang. Warga mengeluhkan, selama ini banyak hewan peliharaan hilang yang mereka kira dicuri orang, tapi ternyata dimangsa ular besar. Ini menjadi sangat berbahaya lantaran kawasan ini juga banyak anak-anak.

Slamet Junaedi yang juga warga Pandekluwih, mendengar kabar keluhan tersebut. Sebagai pawang, ia memiliki semacam kemampuan atau ilmu titen untuk mendeteksi keberadaan ular. Slamet ditemani seorang warga, datang ke kawasan pabrik es itu.

Perhatian Slamet tertuju pada bekas saluran air di bawah jalan setapak yang sudah tidak difungsikan. Saluran itu ditutup tembok setinggi sekitar satu meter. Namun dinding itu tidak menutup saluran secara penuh, sehingga menyisakan lubang. "Dalamnya seperti gua, ternyata ular itu bersarang dengan nyaman di saluran. Saya coba tangkap dan keluarkan, ular melawan dan menggigit tangan hingga berdarah," ucap Slamet.

Usaha selama kurang lebih satu jam itu berhasil, perlawanan hewan melata itu dapat ditaklukan. Ular tidak terus-terusan melawan karena kekenyangan karena diduga baru memangsa seekor ayam warga.

Ular dikeluarkan dari dalam saluran dan menjadi tontonan warga. "Bisa ditangkap, sementara diamankan dulu dalam kandang di rumah," tandasnya.

Baca juga berita menarik KRJogja.com lainnya di sini.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.