Sukses

Pungut Sampah Plastik Dapat Kulkas, Siapa Mau?

Program Indonesia bersih yang digagas pemerintah, mendapat respon positif. Ribuan warga Garut, Jawa Barat di berbagai titik, tampak antusias melakukan kerja bakti lingkungan membersihkan sampah.

Liputan6.com, Garut - Dengan dandanan seadanya, emak-emak warga Garut, Jawa Barat di beberapa titik, tampak antusias memungut sampah yang berada di kampungnya masing-masing. 

Mereka kerja bakti menyukseskan gerakan program 'Indonesia Bersih' yang digagas pemerintah mulai 28 September hingga 3 Oktober mendatang.

"Kegiatan ini sekaligus gerakan moral warga untuk menjaga kebersihan lingkungannya," ujar Yudha Puja Turnawan, wakil rakyat yang ikut kerja bakti dengan warga di kampung Cibangban RR, Karangpawitan, Garut, Minggu, 30 September 2018.

Menurutnya, program nasional yang digagas Menteri Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan ini, diharapkan mampu menjadi pelecut bagi warga untuk memahami pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. "Fokus kami hanya sampah plastik," kata dia.

Selain itu, Direktur Program Tim Kampanye Daerah Garut Koalisi Indonesia Kerja (KIK) ini menilai, peningkatan sampah plastik saat ini yang sangat mengkhawatirkan harus segera dihentikan. Sebab, selain sulit dihancurkan, juga menjadi beban tersendiri dalam mengelola kebersihan. "Bayangkan sampah platik 500 tahun juga belum tentu hancur," kata dia.

Neni (37), salah seorang warga peserta aksi pungut sampah plastik mengaku tergugah dengan program Indonesia Bersih. Menurutnya, kegiatan tersebut diharapkan bisa menjadi kebiasaan warga. "Kan kalau sengaja beberesih plastik (pungut sampah plastik) malas, semoga ke depannya jadi budaya bersama," ujar ibu tiga anak ini.

Ia mengakui, meskipun terbilang melimpah, tetapi dalam aksi pungut sampah kali ini, panitia program Indonesia Bersih di Garut, sengaja membuatkan kriteria untuk lomba. "Yang dihitung adalah sampah plastik mineral, plastik bekas pakai dan bahan tidak hancur lainnya," kata dia.

Ratusan botol plastik bekas minuman mineral, ia langsung dipungut dan dikumpulkannya dalam satu tas plastik besar yang dibagikan panitia.  "Nanti panitia yang akan hitung, kemudian yang paling banyak yang akan mendapat hadiah utama," ujarnya sambil tersenyum.

Hasil perhitungan panitia lomba, program pungut sampah 'Indonesia Bersih' RW 03, Kampung Cibangban RR, Desa Karang Mulya, Kecamaran Karang Pawitan, berhasil memilih RT 03 sebanyak juara 1 dengan hadiah utama sebuah kulkas. Mereka berhasil mengumpulkan sampah plastik hingga 35,0 kilogram, kemudian diikuti RT 02 sebayak 20,1 kilogram, dan terakhir RT 1 sebanyak 15,9 kilogram.

Kegiatan yang sama juga digelar masyarakat RW 15 Kampung Ciawitali, Desa Jayaraga, Tarogong Kidul, Garut. Ahmad Sahid, (35) Ketua RW 15 mengatakan, kegiatan kerja bakti kebersihan dilakukan mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 14.00 siang. Ratusan warga yang sebagian besar pedagang pasar induk Ciawitali itu, membersihkan gorong-gorong dari tumpukan sampah.

Sejak pertama kali pengumuman disebar, ratusan warga yang didominasi bapak-bapak dan pemuda tampak antusias menyambut aksi Indonesia bersih itu. "Instruksi ini kan baik juga dari pemerintah, jelas kami mendukungnya," kata dia.

Namun, berbeda dengan kaum emak-emak di Karangpawitan, acara kerja bakti yang digelar warga Ciawitali diakhiri dengan botram, alias makan bersama dengan warga. Puluhan warga sisa dari total awal peserta kebersihan yang masih bertahan hingga kegiatan usai tampak semringah menikmati makan bersama. "Menunya ada ikan asin, sambal, lalab, menu rakyat lah," ujar dia bangga.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Operasi Semut Anggota TNI Pungut Sampah

Selain masyarakat luas, kegiatan gerakan Indonesia bersih yang digulirkan pemerintah selama enam hari ini juga dilakukan ratusan anggota TNI di kawasan Lapangan olahraga Merdeka Kerkof, Kecamatan Tarogong Kidul.

Dengan setelan lengkap PDL lapangan, ratusan anggota dari Komando Resimen Tarumanga (Korem Tarumanagara) Garut, menyisir dan memunguti sampah plastik dan daun dari fasilitas olahraga kebanggan warga Garut.

Kasiter Korem 062-Tarumanagara, Letkol Inf Teddy Kusnadi, mengatakan aksi pungut sampah yang dilakukan ratusan anggotanya diharapkan memberikan kesadaran kepada warga agar bisa menjaga kebersihan. “Walau sampah sekecil apa pun, harus dibuang ke tempatnya," ujar dia.

Bahkan, untuk mendukung program Indonesia bersih, lembaganya berencana melanjutkan dengan kegiatan sosial donor darah di Makorem 062/Tarumanagara. "Untuk donor darah kami siapkan 200 anggota agar bisa mengisi 200 labu darah," kata dia.

Terakhir, lembaganya mengajak anggota dan warga untuk melakukan doa bersama menjaga kedamaian bangsa, terutama dalam menghadapi pemilu dan pilpres 2019. "Semoga bangsa Indonesia diberikan ketentaraman dan kedamian," kata dia.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.