Sukses

Sumsel Kebut Pembangunan Lokasi Kebut-Kebutan Sirkuit MXGP 2019

Event internasional MXGP 2019 di Kota Palembang akan digelar pada awal Juli 2019..

Liputan6.com, Palembang - Kejuaraan dunia MXGP 2019 Seri Indonesia di Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) tinggal menghitung hari. Progres pembangunan sirkuit balap motorcross internasional ini sudah rampung hingga 90 persen.

Lokasi pembangunan sirkuit MXGP Seri Indonesia 2019 ini berlokasi di OPI Jakabaring, di Seberang Ulu 1 Palembang.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan pembangunan sirkuit olahraga internasional ini tinggal sedikit lagi selesai. Dia yakin pembangunan ini akan rampung sesuai waktu yang ditargetkan.

"Seminggu lalu saya ke sini juga dan progresnya baru 60 persen. Sekarang Alhamdulillah progres berjalan sudah 90 persen. Kita optimistis ini selesai tepat waktu, sekarang tinggal pemasangan tribun untuk penonton," katanya, Sabtu (29/6/2019).

Mantan Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur ini juga mengajak warga Sumsel, untuk turut meramaikan even MXGP 2019 ini.

Selain meningkatkan semangat para pembalap lokal, event yang digelar di Ibu Kota Sumsel ini bisa meningkatkan transaksi perekonomian. Terlebih untuk peningkatan pendapatan di sektor Unit Kecil dan Menengah (UKM) lokal.

"Jumlah peserta diperkirakan mencapai ribuan, otomatis akan ikut mendongkrak tingkat hunian hotel, pelaku UMKM penyedia buah tangan khas Sumsel," ujarnya.

Dalam kompetisi yang digelar tanggal 5-7 Juli 2019, akan ada penampilan tiga freestyle serta 60 peserta dari 28 negara dunia ikut amibil bagian.

Pemilihan Sumsel sebagai tuan rumah sendiri, lanjut Herman Deru, karena kawasannya lebih siap dibandingkan provinsi lainnya. Baik dari segi maskapai, hotel dan penyediaan lahan sirkuit.

"Sumsel paling siap, hotel dan maskapai bahkan masyarakatnya. Harapan kita setelah event ini selesai, semua penonton maupun crosserr tidak akan pulang dengan membawa cerita buruk," ucapnya.

Tiket untuk bisa menonton kompetisi MXGP 2019 ini juga sudah bisa dibeli di aplikasi tiket.com, dengan harga mulai dari Rp 100.000 hingga Rp1 jutaan

"Tiket sudah mulai dijual, saya meminta juga tadi sama tiket.com agar tiket yang dijual itu satu paket sama LRT juga. Jadi ini salah satu promosi LRT serta sebagai upaya mengatasi kemacetan," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Tiket Nonton MXGP 2019

Calon penonton pun bisa memilih tiket dengan tiga kelas pilihan, yaitu tiket kelas festival seharga Rp 100.000, kelas tribun seharga Rp 400.000 dan VIP seharga Rp 1,6 Juta.

"Untuk tiket ada tiga kelas, seperti festival, tribun dan VVIP. Harganya bervariasi ya, untuk festival Rp 100 ribu, tribun Rp 400 ribu dan VIP Rp 1,6 juta," kata Andi saat mendampingi Gubernur.

Kreator Sirkuit Motocross asal Yunani, Nico mngaku sangat senang bisa menjadi bagian dalam Kejuaraan Dunia Motocross di Palembang. Keramahan yang diberikan warga serta crew, sangat membantunya menyelesaikan target pembangunan sirkuit.

"Harus saya akui bahwa kota ini sangat bagus terutama area sirkuitnya. Kerjasama pemerintah daerahnya juga luar biasa,” ujarnya.

Salah satu yang membuat Nico tertarik dengan event di Palembang ini, yaitu posisi sirkuit yang berada di tengah kota, sehingga memudahkan penonton maupun crosser. Kondisi ini berbeda dari dua tempat penyelenggaraan sebelumnya, yaitu di Semarang dan Bangka Belitung.

"Daripada pindah dari satu lokasi ke lokasi lain, saya pikir kerjasama ini tidak akan berhenti sampai di sini tapi berlanjut ke event-event lainnya," lanjut Nico.

Saksikan video pilihan berikut ini: