Sukses

‌Menghabiskan Akhir Pekan Bersama 30 Animator Terkemuka Tanah Air di Yogyakarta

Bebas berdiskusi dengan animator idolamu di Yogyakarta pada pekan ini.

Liputan6.com, Yogyakarta - Sebanyak 30 animator profesional Tanah Air dapat dengan mudah dijumpai di Yogyakarta pada akhir pekan ini. Mereka hadir meramaikan Festival Animasi Indonesia Animpiade 2019 di lantai 2 Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta, Jumat sampai Minggu (11-13/10/2019).

Para animator akan berbagi ilmu kapan pun selama penyelenggaraan Animpiade tidak terikat dengan jadwal talkshow dan master class.

"Ini kesempatan mengulik ilmu langsung dari mereka, jadi kalau animator itu sedang jalan-jalan di Animpiade langsung didatangi saja," ujar Hanitianto Joedo seusai pembukaan Festival Animasi Indonesia Animpiade 2019, Jumat (11/10/2019).

Para animator profesional yang akan mengisi talk show dan master class, antara lain, Gaga Nugraha pembuat computer graphics film Wiro Sableng, Adittoro dari The Little Giantz yang memproduksi Nusa dan Rara, hingga Chandra Endropoetra yang menggarap Si Unyil dan Petualangan Didi Tikus.

Selain animator dalam negeri, Animpiade 2019 juga akan dihadiri animator internasional bernama Dansky Tang yang merupakan dosen California Arts.

Talk show Animpiade mengangkat isu-isu yang terdapat di seputar industri animasi. Talk show diadakan selama dua hari dan terbagi menjadi tujuh sesi.

Pada hari pertama, ada tiga sesi yang mengusung tema, Profesi dan Bisnis Animasi, Pendidikan Animasi, dan Asosiasi-Komunitas-Festival Animasi. Sementara pada hari kedua terdapat empat sesi yang memaparkan perihal pra produksi, produksi, pasca produksi, dan teknologi animasi.

"Ada juga klinik animasi yang menjadi tempat bagi pengunjung untuk berkonsultasi seputar produksi animasi yang akan dijawab langsung oleh animator-animator ahli," ucap Joedo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membangun Animasi dalam Negeri

Plt. Kasubdit Industri Software dan Konten Kementeria Perindustrian Agus Kurniawan menuturkan festival animasi ini dapat membangun apresiasi masyarakat terhadap animasi sekaligus menginspirasi dan memotivasi.

"Semoga seluruh materi yang disampaikan juga dapat menmbah wawasan di berbagai aspek industri animasi," tuturnya.

Ia juga berharap perhelatan ini bisa menjadi sarana para animator untuk berjejaring dan mendapakan dukungan dari berbagai pihak.

Animpiade 2019 merupakan penyelenggaraan yang ketiga kalinya. Semula acara ini diadakan dua tahun sekali.

Akan tetapi, mulai tahun ini, festival ini akan menjadi tempat pertemuan seluruh animator se-nusantara setiap tahun. Perhelatan ini juga sebagai ajang pamer karya serta keterampilan dan prestasi pelaku animasi pemula dan profesional Indonesia supaya lebih dikenal dan menjadi barometer  bisnis kreatif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.