Sukses

Di Tengah Pandemi Corona Covid-19, Ijtima Dunia Tetap Digelar di Gowa

Polda Sulsel pun menerbitkan maklumat yang berisi imbauan untuk tidak menghadiri dan menyelenggarakan Ijtima Dunia Zona Asia tersebut karena dikhawatirkan membuat Virus Corona Covid-19 semakin merebak di daerah tersebut.

Liputan6.com, Gowa - Di tengah hiruk pikuk merebaknya Virus Corona Covid-19 dan upaya pemerintah meredamnya dengan pembatasan sosial, ribuan orang menghadiri kegiatan tablig akbar bertemakan Ijtima Dunia Zona Asia 2020 di Pakkatto, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Mereka datang dari berbagai daerah di penjuru Indonesia bahkan hingga luar negeri.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Liputan6.com, kegiatan tersebut sedianya dilaksanakan pada 19 hingga 22 Maret 2020. Kegiatan itu sebenarnya tidak mendapat izin dari pihak kepolisian dan pemerintah setempat.

"Mereka tidak punya izin keramaian," kata Kapolda Sulsel, Irjen Pol Mas Guntur Laupe, kepada Liputan6.com, saat dikonfirmasi via pesan singkat, Rabu (18/3/2020).

Meski tidak memiliki izin, kegiatan yang melibatkan ribuan orang tersebut tetap akan dilaksanakan. Guntur menyebutkan bahwa pihak panitia bersikukuh melaksanakan kegiatan itu karena mereka telah melakukan persiapan sejak tahun lalu.

"Tetap dia laksanakan dengan alasan bahwa persiapan sejak tahun lalu," jelas Guntur.

Belakangan pihak Polda Sulsel pun menerbitkan maklumat yang berisi imbauan untuk tidak menghadiri dan menyelenggarakan Ijtima Dunia Zona Asia tersebut karena dikhawatirkan membuat Virus Corona Covid-19 semakin merebak di daerah tersebut.

Sementara itu, pihak Pemerintah Kabupaten Gowa sendiri telah menerbitkan imbauan untuk tidak melakukan kegiatan Ijtima Dunia Zona Asia 2020 tersebut di Pakkatto.

"Mempertimbangkan menunda semua kegiatan indoor maupun outdoor, termasuk kegiatan ijtima ini," kata Sekda Kabupaten Gowa, Muchlis dalam keterangan tertulisnya.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.