Sukses

Laksanakan Imbauan Wali Kota Bandung, Masjid Al Ukhuwah Tetap Gelar Salat Jumat

Masjid Agung Al-Ukhuwah di Kota Bandung tetap menggelar salat Jumat besok.

Liputan6.com, Bandung - Masjid Agung Al-Ukhuwah di Kota Bandung tetap menggelar salat Jumat hari ini (20/3/2020). Agar mencegah penyebaran virus Corona covid-19, pengurus masjid melakukan penyemprotan disinfektan yang dilakukan petugas PMI Kota Bandung, Kamis (19/3/2020).

Ketua Harian Masjid Agung Al-Ukhuwah Saud Effendie mengatakan, pihaknya telah menerima Surat Wali Kota Bandung Oded M Danial Nomor 443/SE.030-Dinkes tertanggal 14 Maret 2020.

Di dalam poin nomor sembilan disebutkan Pemerintah Kota Bandung mengimbau seluruh instansi perkantoran, stasiun kereta api, terminal, jalan raya, pol bus pariwisata, pol travel, bandara, dan tempat ibadah, untuk menerapkan standar kesehatan maksimum serta upaya pencegahan penyebaran corona Covid-19 sesuai kebijakan instansi masing-masing.

"Kita sampai sejauh ini masih berjalan seperti biasa. Salat Jumat dan salat berjemaah tetap berjalan biasa," kata Saud.

Untuk mencegah penularan Covid-19, pihaknya bekerja sama dengan PMI Kota Bandung melakukan penyemprotan disinfektan di sekeliling masjid.

"Kita berusaha untuk mensterilkan masjid ini antara lain kerja sama dengan PMI dengan melakukan penyemprotan disinfektan hari ini. Penyemprotan dilakukan di seluruh lini, mulai dari lantai satu dan dua kemudian WC, tempat wudu, gudang-gudang, dan tempat lain," ucapnya.

Pantauan Liputan6.com, Masjid Al-Ukhuwah tidak menggunakan karpet, sehingga petugas langsung menyemprotkan disinfektan ke sekeliling masjid.

Menurut Saud, dalam sehari ada sejumlah petugas mengelap lantai. Dilakukan tiga kali yaitu pagi, siang, dan sore. Saud juga mengimbau kepada para jemaah yang hendak mengikuti salat Jumat untuk membuat jarak saat melaksanakan salat.

"Sejauh ini kita belum mengumumkan jarak salat. Cuma tidak perlu rapat," katanya.

Saud mengatakan kegiatan sudah mulai disetop sejak Senin lalu. Masjid Al-Ukhuwah sendiri memiliki kapasitas hingga 3.500 jemaah.

"Untuk kegiatan yang datang dari luar yang numpang dari masjid kita tiadakan. Ada 20 komunitas yang pakai komunitas ini nah itu kita imbau kita setop sejak tiga hari yang lalu. Jadi mereka sendiri menyadari imbauan itu," ujar Saud.

Simak video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.