Sukses

Harap-Harap Cemas Menanti Hasil Uji Seka 23 Warga Manado

Dikhawatirkan terjadi lonjakan pasien positif Covid-19 jika hasil uji seka 'swab test' 23 orang itu positif.

Liputan6.com, Manado - Tim Satgas Covid-19 Provinsi Sulut terus melakukan penelusuran kontak pasien 04 dan 05 positif Covid-19. Bahkan, sudah melakukan rapid test kepada 62 orang dalam kategori Kontak Erat Resiko Tinggi (KERT). Selain itu, tim juga masih menunggu hasil swab test untuk 23 orang.

"Untuk rapid test kepada 62 orang itu hasilnya adalah non reaktif. Sehingga tidak dilakukan langkah selanjutnya melalui swab test," ungkap Sekretaris Tim Satgas Covid-19 Provinsi Sulut dr Steaven Dandel saat jumpa pers, Kamis malam (09/04/2020). 

Dia mengungkapkan, pihaknya juga melakukan swab test kepada 23 orang yang terkait dengan pasien 04 dan 05. Untuk sementara, pihaknya masih menunggu hasil untuk diumumkan secara resmi.

“Meski sudah diberitahukan secara informal melalui telepon, ada 20-an orang yang sudah keluar hasilnya,” ujar Dandel.

Diketahui pasien 04 dan 05 adalah pelaku perjalanan dari luar negeri. Tiba di Manado akhir Maret 2020 silam, dan melakukan kontak dengan lebih kurang 100 orang. Dua pasien itu tengah dirawat di RS Wolter Mongisidi Teling Manado.

Hal ini yang kemudian menimbulkan kecemasan warga. Apalagi dalam pekan ini terjadi lonjakan pasien positif Covid-19 sebanyak 5 orang menjadi total 8 orang.

"Kami berharap hasil swab test itu negatif. Terus terang kami khawatir jika jumlah pasien terus bertambah, dan kami kesulitan bekerja karena diharuskan tinggal di rumah," ungkap Jerry Supit, salah satu ojek pangkalan yang biasa mangkal di sekitaran kampus Unsrat Manado.

Jumlah Pasien Positif Tetap, PDP Bertambah, ODP Berkurang

Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Sulut hingga, Kamis malam (09/04/2020) sebanyak 8 orang. Jumlah ini tidak bertambah sejak 2 hari belakangan ini.

"Untuk jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 tidak ada penambahan. Tetap delapan pasien," ungkap Dandel.

Sementara itu, untuk jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada 23 orang, atau penambahan 2 pasien dari sehari sebelumnya sebanyak 21 orang. Sedangkan untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) mengalami penurunan sebanyak 9 orang, dari jumlah semula 296 menjadi 287.

Untuk perawatan PDP ini di sejumlah rumah sakit di Sulut seperti RSUP Kandou Manado, RS Wolter Mongisidi Manado, RSUD Sam Ratulangi Tondano, dan RSUD Kotamobagu.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.