Sukses

Kabar Baik, Sudah 75 Pasien Corona COVID-19 di Bali Sembuh

Jumlah pasien positif sebanyak 186 orang.

Liputan6.com, Denpasar - Kabar baik kembali datang dari Pulau Bali. Sebanyak 5 pasien yang sebelumnya positif terjangkit Virus Corona COVID-19 dinyatakan sembuh.

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Bali, Dewa Made Indra menjelaskan, 5 orang yang dinyatakan sembuh seluruhnya merupakan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang sebelumnya dalam perawatan intensif.

"Jumlah pasien yang telah sembuh secara kumulatif berjumlah 75 orang," kata Dewa Made Indra, Minggu (26/4/2020).

Sementara untuk mereka yang positif terjangkit Virus Corona COVID-19 hari ini terdapat penambahan sebanyak 3 orang yang seluruhnya merupakan PMI. “Jumlah kumulatif pasien positif 186 orang,” ujarnya.

Sementara untuk jumlah pasien positif yang dalam perawatan (kasus aktif) sebanyak 107 orang yang tersebar di 10 rumah sakit dan dikarantina di Bapelkesmas.

"Jumlah angka positif di Bali sebagian besar masih didominasi oleh imported case. Sedangkan untuk transmisi lokal sejumlah 41 Orang," papar dia.

Transmisi lokal yang masih terjadi menurut Dewa Made Indra menjadi indikator masih adanya masyarakat yang tidak mengindahkan atau melakukan upaya pencegahan Corona COVID-19 seperti pemakaian masker, mencuci tangan, physical distancing dan lainnya.

"Untuk itu, sekali lagi, dalam menekan kasus transmisi lokal, maka masyarakat harus sadar dan disiplin dalam melakukan upaya pencegahan virus ini," tutur dia.

Untuk memutus rantai penyebaran Virus Corona COVID-19, Dewa Made Indra mengimbau semua pihak dengan penuh disiplin untuk menggunakan masker di tempat terbuka.

"Untuk menghindari penularan Corona maka harus disiplin atau rajin mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir, karena penyebaran virus yang menempel pada benda tertentu yang kemudian kita sentuh dan menempel pada tangan akan lebih mudah hanyut melalui sabun dan air mengalir," katanya.

Selain itu, ia mengimbau untuk menghindari menyentuh bagian wajah terutama hidung, mulut dan mata setelah menyentuh benda tertentu dan sebelum mencuci tangan.

"Karena ketiga indera dalam tubuh kita tersebut akan memudahkan bagi Virus Corona untuk masuk ke tubuh," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.