Sukses

Totalitas Komunitas Janda Makassar Menangkan Calon Wali Kota Jagoan Mereka

Meraka bahkan membuat posko induk sendiri secara sukarela.

Liputan6.com, Makassar - Pasangan Calon Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto - Fatmawati Rusdi, mendapat dukungan dari sejumlah wanita yang menamai diri mereka Komunitas Janda Makassar (Kojam). Dukungan itu dideklarasikan saat Fatmawati Rusdi melakukan kampanye di Kelurahan Mangasa, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Rabu (4/11/2020). 

"Komunitas ini dibentuk sudah sejak lama dan kini hadir untuk mendukung Pak Danny dan Bu Fatma," kata Sekretaris Komunitas Janda Makassar, Rere, Rabu (4/11/2020). 

Tidak sekadar mendeklarasikan dukungan untuk pasangan Calon Wali Kota Nomor Urut 1 itu, Komunitas Janda Makassar ini bahkan membuat posko induk yang mereka bangun secara sukarela. Posko induk itu kemudian diresmikan secara simbolis oleh Calon Wakil Walik Kota Makassar, Fatmawati Rusdi. 

"Di sini posko induknya. Anggota kami tersebar di 15 kecamatan di Kota Makassar. Seluruhnya akan bergerak untuk memenangkan pencoblosan 9 Desember nanti," ucap Rere. 

Rere menjelaskan bahwa alasan komunitasnya mendukung pasangan dengan akronim ADAMA itu adalah karena pasangan itu satu-satunya yang ada calon perempunya. Bagi Komunitas Janda Makassar, Fatmawati Rusdi pun dianggap menjadi magnet sendiri untuk para perempuan yang ada di Kota Makassar. 

"Bu Fatma menjadi magnet sendiri bagi perempuan di Makassar, termasuk para janda," tuturnya.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Representasi Perempuan

Alasan lainnya adalah karena beberapa program yang dicanangkan Danny-Fatma sesuai dengan kebutuhan masyarakat, terkhusus lagi untuk para janda. Program itu di antaranya penyediaan 10.000 pelatihan skil gratis, 100.000 kemudahan akses dan peluang kerja, serta 5.000 lorong garden.

"Harapan kami, semoga kalau Pak Danny dan Bu Fatma terpilih, ada perhatian lebih untuk para janda. Apalagi memang sudah ada program yang memang bisa dimanfaatkan," ucap perempuan berjilbab ini. 

Sementara itu, di hadapan seluruh anggota Komunitas Janda Makassar, Fatmawati Rusdi berjanji akan menjadi representasi perempuan Makassar jika ia terpilih kelak. Ia mengatakan bahwa dirinya akan berusaha memenuhi seluruh kebutuhan kaum perempuan di Kota Makassar. 

"Hanya perempuan yang bisa benar-benar mengerti perempuan. Di depan saya semuanya ibu-ibu. Saya yakin perempuan pasti pilih yang ada perempuannya. Apalagi cuma satu calon yang ada perempuannya," kata Anggota DPR RI periode 2014-2019 ini. 

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Liputan6.com, sebelum Komunitas Janda Makassar mendeklarasikan diri mendukung Pasangan Calon Wali Kota Makassar Nomor Urut 1 itu, sejumlah komunitas perempuan juga telah menyatakan diri bergabung di barisan Danny - Fatmawati. Diantaranya Komunitas Wero ri Langi, Komunitas Perempuan Gereja, Perkumpulan Perempuan Katolik, Komunitas Perempuan Hebat, Perempuan Gelora Makassar, ibu-ibu majelis taklim, ibu-ibu kader posyandu, hingga lintas komunitas lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.