Sukses

Fasilitas Boiler Biomassa Pertama di Jawa Tengah Dibangun di Klaten

Pembangunan fasilitas ini digagas PT Sarihusada Generasi Mahardika dan PT Tasma Bioenergy Indonesia.

Liputan6.com, Klaten - Jawa Tengah kini mempunyai fasilitas boiler biomassa yang dibangun di Pabrik Sarihusada Prambanan, Klaten. Pembangunan fasilitas ini digagas PT Sarihusada Generasi Mahardika dan PT Tasma Bioenergy Indonesia.

Boiler Biomassa adalah alternatif teknologi ramah lingkungan, dimana energi yang dihasilkan berasal dari sumber alami yang dapat diperbarui berupa unsur biologis seperti organisme mati ataupun tanaman hidup. Bahan biomassa banyak di temui biasanya berupa sekam padi, tonggol jagung, cangkang kelapa, limbah pertanian, limbah pengolahan kayu maupun limbah industri.

President Director PT Tasma Bioenergy Indonesia Jawahar Harinarayanan mengatakan, kerja sama ini akan berkontribusi untuk mengatasi tantangan perubahan iklim yang terjadi saat ini.

“Sesuai dengan keahlian kami, kami berupaya berperan aktif dalam penyediaan solusi energi terbarukan," jelas Jawahar Senin (26/4/2021).

Sarihusada Prambanan Plant secara bertahap akan mengganti Boiler berbahan bakar gas alam dengan boiler biomassa. Penggunaan boiler biomassa ini akan menurunkan jejak karbon sebesar 8.300 Ton CO2 per tahun atau setara dengan jejak karbon yang diserap melalui penanaman 120.000 pohon.

Fasilitas Boiler Biomassa ini didirikan di tanah seluas 3.000 meter persegi di dalam area Pabrik Sarihusada Prambanan. Boiler yang akan siap beroperasi akhir 2021 ini akan mensuplai kebutuhan steam dari kegiatan produksi hingga 40.000 ribu ton per tahun. Bahan bakarnya adalah 13.000 ton sekam padi/tahun yang didapat dari sekitar lahan pertanian sekitar pabrik.

Selain menurunkan jejak karbon secara signifikan, operasional Boiler Biomassa ini juga akan membawa manfaat dan pemberdayaan kepada masyarakat setempat.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Pemkab Klaten Sambut Baik

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Klaten Agus Suparto menyambut baik langkah maju menuju perbaikan yang telah dilakukan Sarihusada.

“Operasional perusahaan yang berwawasan lingkungan patut diapresiasi, saya berharap pembangunan berbasis ilmu pengetahuan bisa meningkatkan daya saing dan memberi manfaat buat masyarakat Klaten”, tegasnya.