Sukses

Percepat Kekebalan Kelompok, Ribuan Pekerja Perkebunan di Sumut Divaksin Covid-19

Pemberian vaksin Covid-19 kepada masyarakat saat ini sedang berlangsung di Indonesia. Pemberian vaksin dilakukan secara bertahap, sebagai langkah untuk mempercepat herd immunity atau kekebalan kelompok dalam mengatasi pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Simangambat Pemberian vaksin Covid-19 kepada masyarakat saat ini sedang berlangsung di Indonesia. Pemberian vaksin dilakukan secara bertahap, sebagai langkah untuk mempercepat herd immunity atau kekebalan kelompok dalam mengatasi pandemi Covid-19.

Bersama dengan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), 2 anak perusahaan PT Austindo Nusantara Jaya (ANJ), PT Austindo Nusantara Jaya Agri (ANJA) dan PT Austindo Nusantara Jaya Agri Siais (ANJAS) menggelar vaksinasi untuk karyawan.

Kegiatan vaksinasi dibuka langsung Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi, dan dilaksanakan serentak di 14 kabupaten di Sumut. Gubernur Edy mengatakan, perkebunan menjadi salah satu prioritas vaksinasi.

"Karena (perkebunan) penyumbang devisa yang besar untuk Indonesia dan penopang perekonomian Sumut," kata Edy dalam kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan Rabu, 4 Agustus 2021.

Ketua GAPKI Sumut, Alexander Maha, menerangkan, peserta vaksinasi ini melibatkan pekerja perkebunan yang kurang lebih 85 persen merupakan masyarakat setempat.

"Vaksinasi ini penting untuk dilaksanakan, diharapkan para pekerja perkebunan di Sumut dapat terlindung dari gejala berat hingga kematian akibat Covid-19," ucap Alexander.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Target Peserta Vaksinasi

Pada pelaksanaan vaksinasi di ANJA, vaksin diberikan kepada seluruh karyawan dengan target 1.315 orang yang dilakukan di 3 tempat, di GM Office, Club House, dan Sekolah Yayasan Pendidikan Austindo Nusantara Jaya Agri dengan menggunakan vaksin Sinovac.

Sedangkan pelaksaan vaksinasi di ANJAS yang bertempat di Club House, telah berhasil diberikan kepada 1.283 orang karyawan atau melebihi target 1.152 orang karyawan.

General Manager ANJA, Taupan Sibarani menyampaikan, vaksinasi yang diprakarsai GAPKI berjalan dengan sangat baik dan mengikuti protokol kesehatan (prokes).

"Kami berharap, kerja sama ini dapat membantu upaya pemerintah dalam mempercepat pemulihan ekonomi, khususnya di Sumut," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Utamakan Keselamatan Pekerja

General Manager ANJAS, Sukrisdianto mengatakan, keselamatan karyawan tetap menjadi prioritas utama perusahaan dalam melakukan adaptasi menghadapi situasi new normal. Pihaknya sangat memprioritaskan kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan sebagai topik penting.

"Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Dinas Kesehatan Padang Lawas Utara dan Padang Lawas sebagai tim vaksinator dalam kegiatan," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.