Sukses

Bandung PPKM Level 4, Pemkot Tegaskan Mal Masih Tutup, kecuali…

Pusat perbelanjaan dan mal masih ditutup selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 berlangsung.

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disdagin) menegaskan, pusat perbelanjaan dan mal masih ditutup selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 berlangsung. PPKM level 4 masih diperpanjang hingga 9 Agustus 2021 mendatang.

Kepala Disdagin Kota Bandung Elly Wasliah mengatakan, pada PPKM level 4 ini tidak ada relaksasi khusus pada sektor tertentu. Aturan penutupan mal dan pusat pusat perbelanjaan tersebut masih bersandar pada Perwal Kota Bandung Nomor 78 Tahun 2021 tentang PPKM level 4.

"Di Bandung, mal belum boleh buka karena Kota Bandung masih masuk level 4. Di mana dalam Instruksi Mendagri (Inmendagri) No 27/2021 untuk daerah dengan level 4 mal belum boleh buka dan Kota Bandung patuh terhadap kebijakan pemerintah pusat," ucap Elly di Bandung, Jumat (5/8/2021).

Elly menjelaskan, mal tetap ditutup kecuali akses ke tempat makan, toko kebutuhan sehari-hari, dan toko obat atau alat kesehatan. Adapun waktu operasional toko modern, toko kelontong yang menjual kebutuhan sehari-hari dan alat kesehatan mulai pukul 10.00 hingga 20.00 WIB.

Menurut Elly, sektor pusat perbelanjaan dan mal yang tutup berdampak pada pekerja atau karyawan. Sebanyak 12.475 pegawai dari 23 mal yang ada di Kota Bandung sudah dirumahkan.

Selain itu, banyak tenant atau gerai di mal yang tutup permanen akibat sudah tak sanggup menutupi biaya operasional.

"Pada hakikatnya para pegawai tenant di mal itu adalah para pegawai yang membutuhkan sekali penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari," tutur Elly.

Elly berharap ada pelonggaran untuk sektor ekonomi setelah PPKM level 4 berakhir pada 9 Agustus mendatang. Pemkot Bandung saat ini terus mempercepat vaksinasi untuk para pegawai mal dan ritel atau toko modern sambil menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

"Jumlah pegawai mal yang sudah divaksin sebanyak 8.130 dari total 15.436 atau setingkat 52,67%," kata dia.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.