Sukses

Aksi Saling Bantu Saat Pandemi Covid-19 ala Warung Medan Peduli di Kampung Sejahtera

Aksi sosial saling bantu antarsesama terus bermuncula di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda. Salah satunya dilakukan oleh sejumlah orang di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) yang mengatasnamakan Warung Medan Peduli.

Liputan6.com, Medan Aksi sosial saling bantu antarsesama terus bermuncula di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda. Salah satunya dilakukan oleh sejumlah orang di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) yang mengatasnamakan Warung Medan Peduli.

Pada Minggu (8/8/2021) para relawan Warung Medan Peduli menggelar aksi sosial di Kampung Sejahtera, Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah. Mereka memborong ratusan dagangan kuliner milik warga, kemudian membagi-bagikannya lagi secara gratis.

Dagangan kuliner milik warga Kampung Sejahtera yang diborong relawan berupa nasi bungkus, indomi goreng, kue, martabak, dan bubur. Kemudian dibagi-bagikan gratis ke warga yang terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Tujuan kami ingin membantu para padagang kecil yang saat ini terdampak PPKM di tengah pandemi Covid-19," kata salah satu Leader Warung Medan Peduli, Andrew Sianturi.

Dijelaskannya, ada sekitar 500 nasi bungkus yang diborong dan dibagi-bagikan kembali ke warga secara gratis. Respons warga sangat baik dengan kegiatan yang dilakukan, serta merasa terbantu melalui aksi sosial yang berlangsung pukul 10.00 WIB hingga 12.30 WIB.

"Kue, bubur, dan martabak juga ada yang kita beli dari warga. Lalu kita bagi-bagikan lagi secara gratis ke warga-warga di Kampung Sejahtera. Mereka jualan di depan rumah, kita beli dagangannya," jelas Andrew.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hasil Donasi

Diterangkan Andrew, kegiatan sosial yang mereka lakukan di Kampung Sejahtera bukan kali ini saja. Mereka juga sudah melakukan kegiatan serupa di beberapa titik Kota Medan. Sebelumnya, mereka membuka donasi untuk kegiatan ini.

"Donasi sudah tutup. Dana yang diterima mencapai Rp 1 miliar lebih. Donasi tutup 26 Juli 2021. Kita fokus menggunakan anggaran dana yang dikumpulkan dari sekitar 1.300-an penyumbang," terangnya.

Andrew berharap, ke depan semakin bermunculan orang-orang baik lagi yang mau melakukan aksi sosial dan kegiatan berbagi seperti Warung Medan Peduli. Pihaknya juga bersyukur masih banyak orang baik yang mau berdonasi.

"Banyak orang baik di Kota Medan. Mudah-mudahan muncul lagi orang-orang baik yang bisa ikut mendukung dan membantu orang-orang yang ada di sekitarnya," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Merasa Bersyukur

Seorang pedagang yang juga warga Kampung Sejahtera, Said, merasa senang dan bersyukur karena mendapatkan rezeki mendadak. Apalagi saat ini sedang pandemi Covid-19, dan penerapan PPKM Level 4 di Kota Medan.

"Kalau saya yang diborong ada 35 nasi bungkus dan 15 bungkus martabak. Alhamdulillah, karena selama pandemi, terutama PPKM sedikit sekali yang beli," ungkapnya.

Ketua Perkumpulan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera (P3KS) Aminurasid, turut mendampingi para relawan Warung Medan Peduli menyisir lorong-lorong di Kampung Sejahtera, untuk mencari pedagang yang berjualan.

Ketua P3KS, Aminurasid, sangat mengapresiasi aksi sosial yang dilakukan Relawan Warung Medan Peduli. Karena menurutnya aksi ini sangat membantu para pedagang kecil. Aksi kali ini juga menerapkan protokol kesehatan (prokes).

"Prokes kita jalankan. Aksi seperti ini sangat membantu para pedagang yang ada di Kampung Sejahtera, karena di masa pandemi Covid-19 ini banyak pedagang yang berjualan sepi dari pembeli," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.