Sukses

Bantu Penanganan Covid-19 Sumbar, Panglima TNI Kirim 50 Konsentrator Oksigen

Bahu-membahu tangani Covid-19 di Sumbar.

Liputan6.com, Padang - Sebanyak 50 unit konsentrator oksigen bantuan dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto tiba di Kota Padang, Sumatera Barat, pada Selasa (10/8/2021) siang.

Bantuan ini dikirim untuk membantu penanganan Covid-19 di Sumbar. Beberapa waktu terakhir, pemerintah provinsi setempat kewalahan dalam penyediaan kebutuhan oksigen di rumah sakit terutama rujukan Covid-19.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengatakan konsentrator oksigen ini merupakan alat yang dapat mengonversi udara menjadi oksigen medis, sehingga bisa membantu memenuhi kebutuhan oksigen di rumah sakit.

Alat yang diberikan panglima TNI tersebut jenisnya bisa dipindahkan dari satu ruangan ke ruangan lain, sehingga tidak terbatas untuk satu RS saja.

"Dalam kondisi darurat bisa dipindahkan dengan cepat ke RS lain yang membutuhkan," katanya, Selasa (10/8/2021) ketika menjemput bantuan itu di Bandara Internasional Minangkabau.

Gubernur menyampaikan ucapan terima kasih kepada panglina TNI atas bantuan yang dikirim, apalagi ini memang kebutuhan vital yang diperlukan di Sumbar.

Saat ini, lanjutnya, kebutuhan paling tinggi memang di Kota Padang, tetapi untuk distribusi bantuan ini nantinya juga akan dibagikan ke kabupaten kota lain sebagai tindakan antisipasi.

Sementara Komandan Danlanud St Syahril Padang, Kolonel PNB M R Y Fahlefie mengatakan, bantuan ini diterbangkan dari Bandara Halim Perdana Kusuma menggunakan pesawat C130 Hercules. Pesawat yang sama juga membawa bantuan untuk Sumatera Utara.

"Setelah Sumbar langsung terbang lagi ke Sumut," katanya.

Pihaknya berharap bantuan konsentrator oksigen dari Panglima TNI ini bisa memberikan manfaat untuk pasien yang dirawat di RS di Sumbar.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.