Sukses

Takut Saat Divaksin Covid-19, Mata Seorang Napi Tanjung Gusta Medan Ditutup Masker

Proses vaksinasi Covid-19 di Indonesia masih berlangsung. Berbagai cerita di lapangan bermunculan, salah satunya yang terjadi saat pemberian vaksin Covid-19 kepada narapidana dan tahanan di Lapas Klas 1 dan Rutan Klas 1 Tanjung Gusta, Medan.

Liputan6.com, Medan Proses vaksinasi Covid-19 di Indonesia masih berlangsung. Berbagai cerita di lapangan bermunculan, salah satunya yang terjadi saat pemberian vaksin Covid-19 kepada narapidana dan tahanan di Lapas Klas 1 dan Rutan Klas 1 Tanjung Gusta, Medan.

Saat proses pemberian vaksin sedang berlangsung pada Senin, 23 Agustus 2021, ada hal unik yang terjadi. Tiba-tiba seorang narapidana penerima vaksin Covid-19 meronta ketakutan saat akan disuntik.

Pria 35 tahun itu merasa panik, kemudian ditenangkan oleh 3 orang tenaga medis. Bahkan sebelum dilakukan penyuntikan vaksin Covid-19, vaksinator terpaksa menutupi mata narapidana itu menggunakan masker yang dikenakannya.

Informasi diperoleh Liputan6.com, sebanyak 2.000 dosisi Vaksin Sinovac diberikan para narapidana di Lapas Klas 1 dan Rutan Klas 1 Tanjung Gusta. Vaksinasi dilakukan guna memutus penyebaran Covid-19.

Plh Kadivpas Kanwil Kemenkumham Sumut, Erwedi Supriyanto mengatakan, vaksinasi ini merupakan bantuan dari Kepolisian daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) untuk narapidana, baik di Lapas maupun Rutan. Semua narapidana wajib divaksinasi Covid-19.

"Ditargetkan Dirjenpas agar semua (narapidana) tanpa terkeceuali divaksinasi, karena ini terkait masalah nyawa. Tentunya, semua harus divaksinasi," kata Erwedi, Selasa (24/8/2021).

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2.000 Dosis Vaksin

Untuk Lapas dan Rutan Tanjung Gusta di Medan ada sebanyak 2.000 dosis yang disuntikan kepada narapidana. Rinciannya, 1.000 untuk narapidana di Lapas Klas 1 Tanjung Gusta dan 1.000 di Rutan Klas 1 Tanjung Gusta.

Penerima vaksin Covid-19 untuk saat ini diprioritaskan narapidana lanjut usia (lansia), rehabilitasi, dan pendamping tahanan. Rencananya, vaksinasi lanjutan akan digelar 28 hari mendatang, sekaligus penerimaan vaksin kedua bagi penerima vaksin pertama

Dari 7.000 lebih narapidana penghuni Lapas dan Rutan di Tanjung Gusta, baru 2.000 vaksin Covid-19 yang tersedia untuk disuntikkan. Program vaksinasi di kalangan narapidana ini diselenggarakan Polda Sumut.

3 dari 3 halaman

Dilaksanakan 1 Hari

Diterangkan Erwedi, pada pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap pertama ini dilakukan 1 hari. Dalam pelaksanaan vaksinasi ini juga Kapolda Sumut mengintruksikan agar Kapolres dan Kapolrestabes untuk ikut membantu vaksinasi di Lapas dan Rutan.

"Ada beberapa Lapas yang sudah berkoordinasi dengan Polres. Nah, ini yang pertama. Tapi, sebelumnya sudah ada di Lapas Pematang Siantar," Erwedi menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.