Sukses

Gemuruh Pesawat 'Bomber' Pecahkan Kesunyian Langit Kaltim

Gemuruh suara pesawat memecah keheningan Kota Balikpapan sejak Selasa (31/8/2021) hingga Rabu (1/9/2021) siang. Ya, tiga unit Pesawat Tempur jenis F-16 mengudara di langit Kota Minyak, dalam rangka misi latihan bersama Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) dalam ra

Liputan6.com, Balikpapan Gemuruh suara pesawat memecah keheningan Kota Balikpapan sejak Selasa (31/8/2021) hingga Rabu (1/9/2021) siang. Ya, tiga unit Pesawat Tempur jenis F-16 mengudara di langit Kota Minyak, dalam rangka misi latihan bersama Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) dalam rangka kegiatan Air Manuver Exercise (AMX) "Bomber" tahun 2021.

Dari pantauan Liputan6.com, terlihat tiga pesawat tempur melakukan manuver, satu persatu pesawat mendarat di Base Ops Lanud Dhomber Balikpapan.

"Kita kedatangan pesawat tempur dari skuadron 3 Madiun misi di sini melaksanakan latihan AMX Bomber bersama dengan USAF dan selesai dilaksanakan di perairan Utara Sulawesi dan laut Sulawesi," terang Komandan Lanud Dhomber Balikpapan Kolonel Pnb Dedy Susanto.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

2 dari 3 halaman

3 Skuadron Tempur TNI AU di Balikpapan

Ada tiga skuadron yang dilibatkan dalam kegiatan tersebut yakni Skuadron 3 Madiun, Skuadron Udara Heli, dan Skuadron Udara 5 Intai Strategis. "Kegiatan tersebut dilaksanakan tiga hari," katanya.

Usai melaksanakan latihan, kata Dedy, selanjutnya akan menjalankan misi operasi di Balikpapan dengan batas waktu yang tidak ditentukan.

"Setelah latihan ini, F-16 akan melanjutkan misi operasi yang dilaksanakan di Kota Balikpapan sampai dengan batas waktu yang tidak ditentukan," tegasnya.

 

3 dari 3 halaman

Pesawat Bomber

Komandan Skuadron 3 Lanud Iswahyudi Madiun, Letkol Agus Dwi Arianto membeberkan bahwa pihaknya terbang bersama B-52 Stratofortress, yakni pesawat pengebom jarak jauh.

"Dengan pesawat bomber B-52 Stratofortress ini pesawat pengebom jarak jauh dan sangat bernilai strategis mereka tadi terbang dari Guam dan kita bertemu di Utara Laut Sulawesi kemudian foto Exercise di mana dua B-52 dan dua F-16 berfoto kemudian diambil oleh pesawat boeing intai maritim dari Dari skuadron 5 Lanud Hasanudin Makassar,” jelasnya.

Dia menambahkan bahwa latihan tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan dengan negara sahabat. "Memang kita latihan rutin dengan negara sahabat cuma memang kadang Exercise itu selalu tiap tahun berubah sesuai kebutuhan," dia menandaskan.