Sukses

Bukit Gendang Pulau Rempang, Wisata Dirgantara dan Pertahanan Udara di Batam

wisata Bukit Gendang juga menumbuhkembangkan cinta dirgantara dimasyarakat sekitar yang kemudian nantinya menjadi sebuah kekuatan khususnya Angkatan udara dalam mendukung pertahanan nasional

Liputan6.com, Batam - Bukit Gendang merupakan wisata dirgantara yang berada di kawasan hutan perbukitan, Pulau Rempang yang kini dibawah pengembangan dan pengelolaan TNI AU bersama Kementrrian Kehutanan dan Likungan Hidup (KLHK)

Marsda TNI AU Bowo Sugiarto selaku Asisten Potensi Dirgantara Kepala Staf Angkatan Udara (Aspotdiga Kasau) mengatakan air sport yang ada di Batam bekerja sama dengan KLHK menyediakan tempat di wilayah berkembang ini untuk menjadi tempat pariwisata.

"Angkatan udara ini merupakan kegitan pemanfaatan wilayah dirgantara yang ada untuk mendukung wilayah ketahanan udara Republik Indonesia. Kita tahu kita masih butuh tempat dan sumberdaya khususnya di Indonesia itu ke depan untuk Angkatan Udara," kata Kata Bowo Sudiarto saat Penandatangan kerjasama bersama KLHK di Bukit Gendang, Pulau Rempang,Batam pada Sabtu sore (27/11/2021).

Menurut dia, wisata Bukit Gendang juga menumbuhkembangkan cinta dirgantara dimasyarakat sekitar yang kemudian nantinya menjadi sebuah kekuatan khususnya Angkatan udara dalam mendukung pertahanan nasional dari kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan.

"Kita arahnya sebagai usaha kita untuk menyiapkan sumberdaya yang ada sebagai kekuatan di masa yang akan datang," ucap dia.

Selain itu dibukanya Bukit Gendang sebagai wisata dirgantara bukan saja olahraga wisata saja. Bekerja sama dengan KLHK AU akan melestarikan wilayah-wilayah hutan.

"Yang sekiranya selama ini kita ketahui banyak pihak kehutanan yang boleh dikatakan daerah yang banyak hutan-hutan yang selama ini adanya perambahan yang mungkin kurang terawasi kita bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup menjaga daerah daerah kita sehingga ke depan hutan-hutan yang ada tetap asri dan bisa kita nikmati bisa digunakan untuk kepentingan bersama," dia menjelaskan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Taman Wisata Alam dan Olahraga Dirgantara

Sementara itu Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (SDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Suratno mengatakan taman wisata alam tempat ini menjadi tempat olahraga dirgantara sekaligus memantau dan mengawasi Hutan antara Kementerian KLHK Konservasi Sumberdaya alam dan TNI AU Pangkalan Udara Hang Nadim dalam menjaga kelestarian alam.

"Wisata Dirgantara ini sekaligus mohon bantuan menjaga kawasan dalam ketersediaan resapan air," kata Suratno.

Wisata Bukit Gendang, Pulau Repang merupakan wisata dirgantara yang memiliki ketinggian 160 meter dari permukaan laut dengan sudt pandang 360 derajat. Lokasi ini cocok sebagai wahana paralayang dan wisata udara lainnya.

Selain untuk penunjang pariwisata, Wisata Dirgantara Bukit Gendang juga memperkuat pertahanan udara di mana Batam berada di wilayah perbatasan Indonesia antara Singapura dan Malaysia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.