Sukses

Tangis Warga Indragiri Hulu Pecah Saat Terima Rumah Presisi dari Kapolres

Polres Indragiri Hulu kini punya program bedah rumah presisi untuk membantu warga kurang mampu mendapatkan rumah layak huni.

Liputan6.com, Pekanbaru - Ica Kusmoyo tak kuasa menahan air mata berurai ke pipinya. Warga Desa Pasir Sialang Jaya, Kecamatan Lirik, Kabupaten Indragiri Hulu itu, baru saja menerima kunci rumah yang sudah lama diidamkannya.

Rumah layak huni tersebut merupakan pemberian dari Polres Indragiri Hulu. Penyerahan kunci dilakukan langsung oleh Kapolres Ajun Komisaris Besar Bachtiar Alponso SIK.

Saat ini, mantan Koordinator Sekretaris Pribadi Pimpinan di Polda Riau itu tengah menggalakkan bedah rumah Presisi. Sasarannya adalah warga ekonomi ke bawah yang tidak punya hunian layak.

Dalam penyerahan kunci rumah, Alponso sempat meminta maaf kepada Ica. Pasalnya, peresmian yang seharusnya dilakukan pada 10 Januari baru terlaksana pada 13 Januari 2022.

"Baru bisa dilaksanakan saat ini karena kesibukan kami mengikuti sejumlah kegiatan virtual dengan Polda Riau maupun Kapolri," kata Alponso.

Alponso menerangkan, penyerahan kunci untuk Oca Kusmoyo merupakan peresmian perdana program bedah rumah Presisi Polres Indragiri Hulu yang merupakan program inisiatif dirinya.

Sebelum itu, sudah ada dua rumah yang dibedah di Kecamatan Kelayang. Hanya saja program itu belum tersusun dan belum teratur dengan baik.

"Maka melalui program bedah rumah Presisi Inhu ini adalah penyempurnaan dari program sebelumnya," ucap Alponso.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sistem Terbuka

Alponso menjelaskan, susunan tim bedah rumah Presisi Inhu tidak hanya dari Polri karena juga ada masyarakat. Personel Polri yang terlibat dalam tim adalah sebagai penanggung jawab dan manejemen keuangan terbuka.

Untuk masing-masing bedah rumah nantinya, Alponso menyebut sudah menyusun anggaran. Setiap rumah dianggarkan Rp45 juta, di mana masyarakat luas bisa berdonasi.

"Saya berharap donatur lainnya bisa ikut serta dan berpartisipasi dalam program yang bernilai ibadah ini," ucap Alponso.

Kepada Ica Kusmoyo, Kapolres berpesan agar rumah baru yang ditempati dirawat sebaik mungkin agar bisa dihuni dalam waktu panjang.

Sementara itu, Ketua Panitia Program Bedah Rumah Presisi Inhu, Sunarto mengatakan, progam itu merupakan program amal demi masyarakat Inhu. Selanjutnya, akan ada rumah dibedah lagi di Kecamatan Batang Gansal.

"Saya berharap tim ini tetap solid dan saling bahu-membahu demi kesejahteraan masyarakat," jelas Sunarto.

Kepala Desa Pasir Sialang Jaya, H Syamsir mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya pada Kapolres Indragiri Hulu serta tim bedah rumah Presisi Inhu. Apalagi program ini mengubah total hunian warga tidak mampu menjadi layak ditempati.

"Terima kasih telah mengubah rumah warga saya menjadi permanen dan kokoh," kata Syamsir.

Adapun peresmian rumah ini ditandai dengan pemotongan pita oleh Kapolres AKBP Bachtiar Alponso. Selanjutnya, penyerahan kunci kepada Ica Kusmoyo. Tidak banyak kata dari Ica. Dia hanya menangis terharu sambil mengucapkan terima kasih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.