Sukses

Petugas Bank Palsu Berkeliaran di Aceh, Ini Modusnya

Polda Aceh imbau masyarakat mewaspadai penipuan bermodus petugas bank!

Liputan6.com, Aceh - Kepolisian Daerah Aceh mengimbau masyarakat waspada agar tidak terjerat oleh penipuan yang mengatasnamakan pihak bank tertentu. Kejahatan jenis ini disebut-sebut masih baru, dan sedang diupayakan untuk ditekan agar tidak tersebar luas di provinsi tersebut.

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol. Winardy dalam siaran pers, Sabtu (29/1/22) mengatakan bahwa para pelaku akan menghubungi korban dan mengaku sebagai petugas bank. Pelaku biasanya akan menawarkan penukaran poin hadiah, bantuan untuk melengkapi data nasabah, pengumuman pemenang, dan sebagainya.

Pelaku juga akan mengirimkan tautan tertentu kepada korban, setelah itu, pelaku melakukan permintaan OTP/kode aktivasi mobile banking. Masyarakat dimbau agar waspada dan cerdas dalam menyikapi tawaran-tawaran yang sama seperti itu.

"Pastikan akun atau kontak resmi bank dan data pribadi jangan diberikan kepada siapapun, seperti kode OTP, PIN, password, kode aktivasi dan informasi pribadi lainnya," saran Winardy, yang juga menambahkan bahwa Polda Aceh bersama jajarannya sedang berusaha akan menyelidiki dan mengungkap kasus dengan modus seperti itu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.