Sukses

Petani Tembakau di Madura Ramai-Ramai Dukung Cak Imin 'Nyapres', Apa Alasannya?

Sejumlah faktor menjadi alasan dukungan petani tembakau kepada Muhaimin Iskandar alias Cak Imin untuk maju sebagai capres pada Pilpres 2024.

Liputan6.com, Sampang - Dukungan kepada Muhaimin Iskandar agar maju sebagai calon presiden pada Pilpres 2024 terus bermunculan. Setelah deklarasi di Gresik, giliran Paguyuban Petani Tembakau Sampang, Madura menggelar deklarasi dukungan kepada Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa itu untuk maju Pilpres 2024.

Deklarasi Petani Tembakau ini digelar di Roma Joglo, Desa Taman, Kecamatan Jrengik, Selasa (2/2/2022), dikemas dengan diskusi santai seputar masalah pertanian dan diakhiri dengan deklarasi.

Koordinator Paguyuban Petani Tembakaudepan Sampang, Agus Hendra membeberkan sejumlah alasan dan pertimbangan yang melatari keputusan di balik digelarnya deklarasi.

Di antaranya karena sosok Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin Iskandar, dianggap akan mampu memperjuangkan nasib dan menyejahterakan petani pada masa depan.

Sosok Cak Imin juga dianggap peduli wong cilik, karena dalam banyak kesempatan turba, ia kerap bertemu dan berdiskusi dengan petani di daerah yang dikunjungi.

"Juga karena Cak Imin sama dengan kami dari kalangan Nahdlatul Ulama," kata Agus Hendra.

Simak video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Keluhan Petani

Sementara dalam diskusi, para petani yang hadir mencurahkan peliknya situasi yang mereka hadapi saat ini.

Selain problem lama seperti sulit air akibat sarana irigasi yang tak memadai, cukai rokok yang naik tiap tahun menjadi problem baru yang mencekik petani.

"Belum lagi harga tembakau yang tak stabil karena tengkulak dan pupuk yang langka, kian membuat petani susah," ujar Haji Ahmad, salah seorang petani.

Oleh karena itu, dia berharap banyak pada sosok Muhaimin Iskandar untuk bisa menyelesaikan berbagai masalah krusial yang sering dihadapi para petani.

"Maka dari itu kami paguyuban petani tembakau berharap Gus Muhaimin bisa membantu kami sekaligus kami mendukung Gus Muhaimin maju sebagai Capres di 2024," dia menandaskan.