Sukses

Pengoperasian Kereta Api Stasiun Garut Jadi Kado Terindah Hari Jadi ke-209 Garut

Rencana pengoperasian jalur reaktivasi Stasiun Garut menjadi salah satu kado spesial bagi masyarakat Garut yang akan berulang tahun ke-209.

Liputan6.com, Garut - Rencana pengoperasian Kereta Api dari Stasiun Garut Kota, kabupaten Garut, Jawa Barat bakal menjadi kado terindah menyambut peringatan ke-209 Hari Jadi Garut (HJG) tahun ini.

"Terima kasih kepada Menteri Perhubungan, dan terutama kepada  Menteri BUMN juga, Dirut PT. KAI, dan terutama kepada Bapak Presiden, Garut punya kereta api. Mantap," ujar Bupati Garut Rudy Gunawan, selepas inspeksi jalur Kereta Api, Ahad (13/2/2022).

Menurutnya, rencana pengoperasian jalur reaktivasi Stasiun Garut menjadi salah satu kado spesial bagi masyarakat Garut yang akan berulang tahun ke-209 tahun ini.

"Saya tadi menaiki kereta api yang nyaman, AC-nya sentral, bersih, dan longgar ya ini top sekali lah untuk Jakarta dari Pasar Senen ke Garut," kata dia.

Dalam pengamatannya, perjalanan menggunakan rangkaian gerbong kereta api dinilai lebih nyaman bagi penumpang dengan tingkat keamanan dan kenyamanan yang diberikan.

"Tentu melewati beberapa stasiun, dari Garut katanya jam 7:15 bolak-balik lagi dari Jakarta jam 17.00, ini waktu yang sangat ideal," ujar dia.

Untuk memeriahkan hari jadi Garut tahun ini, Rudy memohon PT KAI dan Kementerian Perhubungan segera mengoperasikan kereta api di Stasiun Garut Kota.

"Nanti ingin mencoba dari Pak Bupati, Pak Kapolres, Pak Dandim, Kajari, Ketua Pengadilan dan unsur-unsur Forkopimda lainya," kata dia.

Untuk tahap awal, rencananya ada 2 lintasan pelayanan di Stasiun Garut, yang akan melayani penumpag yakni trayek Garut-Pasar Senen, dan juga trayek Garut–Purwakarta, bersubdisi dari pemerintah.

"Jadi ada 2 seharinya Cibatuan 4 trip yang dari Senen 2 trip mungkin," ujar Dirjen Perkeretapian Zulfikri menambahkan.

Selama masa uji coba berlangsung, masyarakat tidak akan dipungut biaya alias gratis, sehingga bisa menikmati seluruh perjalanan dari dan menuju Stasiun Garut secara gratis.

"Mohon bersabar, safety (keselamatan) ini adalah nomor satu yang perlu kita perhatikan," pinta dia.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.