Sukses

Gempa M 3,2 Guncang Sukabumi, Warga Mengaku Sempat Dengar Suara Gemuruh

Gempa bumi tektonik magnitudo 3,2 mengguncang wilayah Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (22/3/2022) pukul 08.52 WIB.

Liputan6.com, Bandung - Gempa bumi tektonik magnitudo 3,2 mengguncang wilayah Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (22/3/2022) pukul 08.52 WIB. Berdasarkan pengakuan sejumlah warga, ada suara gemuruh saat gempa terjadi.

"Saya di Cireunghas merasakan ada suara gemuruh juga," kata Morfimera, Selasa (22/3/2022).

Warga Cireunghas lainnya, Dian Hersdiansyah juga merasakan gempa di Sukabumi pagi tadi. "Dominan terasa titik berdekatan Sesar Cimandiri," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah II Tangerang Hartanto menuturkan, hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan magnitudo 3,2.

Episenter terletak pada koordinat 6.95 LS dan 107.06 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 14 km tenggara Kota Sukabumi pada kedalaman 8 kilometer.    

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal," tutur Hartanto melalui keterangan tertulis.   

Berdasarkan peta tingkat guncangan BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa ini dirasakan di wilayah Kebonpedes, Cireunghas dengan skala intensitas II MMI. Di mana getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Namun, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa tersebut.

"Hingga pukul 09.23 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan," ucap Hartanto.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.