Sukses

Gandeng Klub Singapura, Gelandang Anyar Persis Solo Dirikan Sekolah Sepak Bola di Batam

Segudang aktivitas dilakukan pemain Liga 1 sambil menanti kompetisi yang bergulir pertengahan Juli 2022 mendatang, mulai dari mudik ke kampung halaman, memantau bisnis 'sampingan', sampai mendirikan Sekolah Sepak Bola (SSB), seperti yang dilakukan gelandang anyar Persis Solo Sutanto Tan.

Liputan6.com, Batam - Segudang aktivitas dilakukan pemain Liga 1 sambil menanti kompetisi yang bergulir pertengahan Juli 2022 mendatang, mulai dari mudik ke kampung halaman, memantau bisnis 'sampingan', sampai mendirikan Sekolah Sepak Bola (SSB) seperti yang dilakukan gelandang anyar Persis Solo Sutanto Tan.

Persis resmi mengumumkan rekrutan barunya ini dua pekan lalu, atau pada 14 Mei 2022 setelah Sutanto dilepas oleh PSM Makassar. Jeda kompetisi yang cukup lama ini dimanfaatkan Sutanto untuk fokus mengurus SSB yang dinamakannya Batam International Soccer Academy (BISA).

"Iya, saya terjun langsung dibantu keluarga besar untuk persiapan launching-nya. Mereka mendukung keputusan saya membangun sepak bola Batam," ujar Sutanto kepada Liputan6.com.

Pria kelahiran Pekanbaru, Riau tersebut menjelaskan, letak geografis Kota Batam yang strategis memungkinkan SSB BISA melakukan pertandingan persahabatan atau program kerja sama dengan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.

"Kami akan bekerja sama perihal metode pembelajaran dengan mantan tim saya yang ada di Singapura (Hougang United). Dan tidak menutup kemungkinan dengan negara Asia lainnya," imbuh Sutanto.

Hougang United menjadi klub pertama dalam karier profesional Sutanto sejak bermain bersama Pelita Bandung Raya (PBR) level usia U-21. Barulah pada tahun 2015 dia bergabung bersama Bali United dan akrab 'berganti seragam' tiap tahunnya membela klub yang berda-beda. Jika ditotal, sudah ada 11 klub yang pernah dia cicipi baik dalam negeri maupun luar negeri hingga kini.

"SSB ini punya kelebihan yakni dekat juga dengan Johor (Malaysia) jadi mungkin kami bisa melakukan pertandingan kandang/tandang dengan negara tetangga, semoga ini bisa membantu anak-anak di kota Batam meraih cita-cita mereka untuk menjadi pemain bola profesional," Sutanto memungkasi.

Simak video pilihan berikut ini: