Sukses

Edy Rahmayadi Kisahkan Pengalaman Sempat Gagal 2 Kali Ketika Hendak Ibadah Haji

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengisahkan pengalamannya yang sempat gagal 2 kali ketika hendak melaksanakan ibadah haji. Namun, akhirnya kesempatan naik haji datang dari tempat yang tidak diduganya.

Liputan6.com, Medan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengisahkan pengalamannya yang sempat gagal dua kali ketika hendak melaksanakan ibadah haji. Namun, akhirnya kesempatan naik haji datang dari tempat yang tidak diduganya.

Menurut Edy, ibadah haji adalah undangan dari Allah. "Saudara-saudara akan berangkat ke Tanah Suci, itu adalah undangan Allah, adalah kehendak Allah," kata Edy Rahmayadi pada acara Tepung Tawar Jemaah Haji asal Sumut di Aula Raja Inal Siregar, Lantai 2 Kantor Gubernur, Jalan Pangeran Diponegoro, Medan, Rabu (8/6/2022).

Disebutkan Edy, ia dibantu naik haji oleh Raja Salman pada tahun 2017. Ketika itu ia sempat bingung ingin menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) atau pensiun dini dari TNI dan menjadi Gubernur Sumut.

Lalu, Edy Rahmayadi memutuskan untuk meminta petunjuk kepada Allah di depan Kakbah. “Saya berdoa agar bisa naik haji. Lantas, kesempatan naik haji datang dari Raja Salman,” ucapnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3.802 Calon Jemaah Haji asal Sumut

Terkait calon jemaah haji asal Sumut tahun ini, Gubernur Edy memastikan seluruhnya dalam kondisi sehat dan memenuhi persyaratan. Total, ada sebanyak 3.802 calon jemaah haji asal Sumut yang berangkat ke Tanah Suci tahun ini.

"Insya Allah, 3.802 calon jemaah haji kita semua sehat dan memenuhi persyaratan," kata Edy Rahmayadi.

Terkait pembatasan usia jemaah haji maksimal 65 tahun, yang merupakan kebijakan langsung dari Arab Saudi, Gubernur Edy menilai hal tersebut untuk kebaikan jemaah. Apalagi, pandemi Covid-19 belum sepenuhnya pulih.

"Haji itu undangan Allah, yang penting orang itu sudah niat, terus ada aturan orang itu tak berangkat, maka akan tetap mendapat pahala dari Allah SWT," sebutnya.

3 dari 4 halaman

Doakan Sumut

Selaku Gubernur, Edy Rahmayadi mengharapkan para jemaah haji Sumut yang berangkat ke Tanah Suci agar mendoakan Sumut bermartabat.

"Minta doa untuk menjadikan Sumut bermartabat, tidak yang lain-lain," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Tak Ada Jemaah Memiliki Risiko Tinggi

Kepala Kantor Perwakilan Kementerian Agama Sumut, Amri Siregar menyampaikan, tidak ada jemaah yang memiliki risiko tinggi. Lantaran sudah ada pembatasan usia calon jemaah maksimal 65 tahun.

"Kalau bicara risiko tinggi itu kalau masih ada yang 65 tahun ke atas, itu baru bicara risiko tinggi," kata Amri.

Amri menyebutkan, kloter pertama yang berjumlah 393 orang akan berangkat pada 11 Juni 2022. Selanjutnya kloter kloter berikutnya akan diberangkatkan secara bertahap. Kini persiapan pihaknya sudah mencapai 90 persen.

"Di asrama haji juga akan dilakukan pemeriksaan kesehatan secara umum," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.