Sukses

Kasus Positif Covid-19 di Papua Barat Naik Jadi 24 Orang

Satgas Covid-19 Provinsi Papua Barat melaporkan adanya peningkatan 18 kasus baru pada Kamis (16/6/2022).

Liputan6.com, Manokwari - Kasus baru positif Covid-19 di sejumlah daerah Tanah Air kembali meningkat. Di Provinsi Papua Barat misalnya, Satgas Covid-19 setempat melaporkan adanya peningkatan 18 kasus baru pada Kamis (16/6/2022). 

Juru Bicara Satgas Covid-19 Papua Barat dr Arnoldus Tiniap mengatakan, penambahan enam kasus baru tersebut berasal dari Kabupaten Bintuni tiga kasus, Kabupaten Fakfak dua kasus dan Kabupaten Sorong Selatan satu kasus.

"Temuan kasus kasus terbanyak terdapat di Kabupaten Bintuni sebanyak 17 kasus, Kabupaten Fakfak empat kasus, Manokwari, Tambrauw dan Sorong Selatan masing-masing satu kasus," jelas Arnoldus.

Satgas Covid-19 Papua Barat terus mengimbau warga setempat untuk melakukan vaksinasi Covid-19 baik dosis pertama, dosis kedua maupun dosis penguat (booster) serta meningkatkan pola hidup sehat.

Menurut Arnoldus, transisi pandemi menuju fase endemi Covid-19 hanya dapat terjadi jika kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksin dan menjaga pola hidup sehat terus meningkat.

Meski hingga kini masih ditemukan kasus suspek Covid-19 di Papua Barat, namun Arnoldus optimistis wilayah Papua Barat akan sepenuhnya masuk pada tahap atau fase endemik kasus Covid-19.

"Di masa transisi ini penting sekali untuk membangun pemahaman masyarakat soal pentingnya vaksin dan bagaimana berperi laku hidup bersih dan sehat. Bagaimana bisa kita memasuki fase endemi jika kekebalan kelompok belum terbentuk," ujar Arnoldus yang juga menjabat Direktur RSUD Provinsi Papua itu.

Hingga kini capaian vaksinasi Covid-19 di Papua Barat untuk dosis pertama masih di angka 60 persen, sementara dosis kedua masih di bawah 50 persen.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prokes Jangan Kendor

Capaian tertinggi vaksinasi Covid-19 di Papua Barat masih dipegang oleh Kabupaten Manokwari, di mana untuk dosis pertama mencapai 84 persen dan dosis kedua sekitar 60 persen.

"Untuk membangun kekebalan kelompok, bukan vaksin dosis pertama yang dihitung tetapi vaksin dosis kedua. Jauh lebih baik lagi jika vaksin ketiga juga dalam jumlah yang tinggi," lanjut Tiniap.

Ia menambahkan, masyarakat juga harus terus membudayakan pola hidup sehat seperti menggunakan masker saat berkomunikasi dekat dengan orang lain.

"Meski tidak diwajibkan, saat berkomunikasi dekat dengan orang lain disarankan untuk tetap menggunakan masker. Fungsi masker bukan hanya untuk Covid-19 saja, semua penyakit yang disebarkan lewat saluran pernafasan bisa dicegah dengan menggunakan masker," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.